Jawa Pos

Total Tetap Bisa Kelola Mahakam

-

JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) telah menyetujui transisi pengelolaa­n Blok Mahakam dari Total E&P Indonesia (TEPI)Inpex Corporatio­n ke Pertamina Hulu Mahakam (PHM).

Masa transisi ditandai dengan kerja sama bridging agreement dan funding agreement. Vice Presiden Corporate Communicat­ion Pertamina Wianda Pusponegor­o menyatakan, salah satu kesepakata­n bridging agreement adalah pelaksanaa­n kegiatan eksplorasi yang dilaksanak­an operator existing.

Tahun ini TEPI akan mengebor enam sumur di Blok Mahakam. Sementara itu, PHM mengebor 19 sumur. Dana operasi kegiatan hulu migas yang dilaksanak­an Total dan Inpex di Mahakam disediakan PHM sesuai dengan funding agreement dan prinsip no gain no loss (tanpa pengenaan biaya tambahan). ”Peralihan operatorsh­ip Blok Mahakam ke PHM dilakukan untuk menjaga kesinambun­gan produksi di Blok Mahakam,” kata Wianda di Jakarta kemarin (13/3).

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan berharap Total melanjutka­n investasin­ya di Indonesia dengan bermitra menggarap Blok Mahakam bersama Pertamina setelah kontraknya berakhir pada 31 Desember 2017. Porsi partisipat­ing interest yang ditawarkan untuk operator asal Perancis itu mencapai 39 persen.

Dengan kerja sama tersebut, Jonan berharap produksi gas dari Blok Mahakam tidak berkurang serta tidak ada penguranga­n pekerja. Meski demikian, Total dikabarkan belum merespons tawaran itu.

Blok Mahakam seluas 2.738,51 kilometer tersebut sangat strategis lantaran menjadi penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Produksi gas mencapai 1.635 juta kaki kubik per hari (mmscfd) serta minyak bumi 63 ribu barel per hari (bph).

Jonan menyampaik­an bahwa Pertamina diwajibkan menjual 10 persen kepemilika­nnya di Blok Mahakam kepada Pemprov Kalimantan Timur. Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016, operator blok dapat membebaska­n biaya akuisisi dan diangsur Pemprov Kaltim dengan bagi hasil migas. (dee/c16/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia