Jawa Pos

Tak Divaksin, Tak Boleh Masuk Playgroup

-

CANBERRA – Vaksinasi menjadi salah satu kewajiban utama orang tua terhadap anak. Karena itu, para orang tua di Australia harus memberikan vaksinasi lengkap untuk putra-putrinya. Imbauan Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull tersebut disampaika­n ke seluruh pemimpin daerah dan negara bagian pada Minggu (12/3).

”Pada pertemuan Council of Australian Government­s mendatang, saya akan meminta seluruh anggota menyetujui larangan masuk penitipan anak atau pendidikan prasekolah bagi anak-anak yang tidak divaksin,” ujar Turnbull dalam memo yang dia kirimkan kepada para pemimpin lokal. Dengan demikian, sirna sudah hak istimewa bagi orang tua untuk tidak memvaksin anaknya.

Sebenarnya, kebijakan Turnbull itu sudah diterapkan pemerintah di tiga negara bagian Australia, yakni New South Wales, Victoria, dan Queensland. Di tiga wilayah tersebut, anak-anak yang tidak divaksin tidak bisa masuk playgroup alias pendidikan prasekolah atau tempat penitipan anak. Tapi, di tiga negara bagian lain dan dua wilayah setingkat negara bagian, anak-anak yang tidak divaksin pun bisa masuk playgroup.

”Setiap orang tua harus bisa mengerti bahwa tanpa vaksin, anak-anak mereka akan ditolak masuk tempat penitipan anak atau pendidikan prasekolah,” tegas Turnbull. Pemimpin 62 tahun itu menyebut kewajiban memberikan vaksin kepada anak sebagai bentuk keadilan. Sebab, seluruh orang tua yang provaksin tidak perlu lagi bingung memilih tempat penitipan anak atau sekolah yang teraman bagi buah hati mereka. (theindepen­dent/sydneymorn­ingherald/hep/c9/any)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia