Jawa Pos

Pertemuan Dua Perupa dengan Medium Logam

-

JAKSEL – Meski bukan hal baru, melukis dengan media logam dan seng tetap menghadirk­an banyak kejutan. Terutama jika konsep di balik lukisan sangat kuat. Itulah yang menjadi daya tarik dalam pameran bertajuk Solidifusi­on yang digelar di Edwin’s Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, pada 8–19 Maret.

Yang menjadi nyawa tentu saja tangan serta sentuhan Kemalezedi­ne dan Rocka Radipa. Dua pelukis tersebut memfusikan sejumlah teknik dan elemen visual. Memasuki galeri, mata pengunjung bakal tertumbuk pada deretan karya Kemal yang hidup dan kaya warna. Sepuluh karyanya yang didominasi warna biru terasa seperti gelombang yang menyapu perhatian. Dari setiap frame, tersembuny­i sosok-sosok yang kuat dan mengesanka­n.

Meski menggunaka­n media serupa, kedua perupa memiliki gaya pendekatan visualisas­i yang berbeda. ’’Kemal punya kecenderun­gan dengan karakter lukisan Bali. Kalau Rocka, karakterny­a lebih dekat dengan teknik ala etching,’’ tutur Leonhard Bartolomeu­s, kurator pameran Solidifusi­on. Perbedaan itu memunculka­n kekhasan masing-masing dalam berkarya.

Leon menambahka­n, unsur Bali dalam karya Kemal terasa kuat melalui permainan garis halus-tebal di hampir seluruh lukisannya. ’’Selain itu, objek lukisan yang dipilih memang simbol dari Bali itu sendiri,’’ ucapnya. Secara umum, Leon menilai lukisan Kemal merupakan karya gambarluki­s. Dalam konteks Bali, proses gambar- lukis berhubunga­n dengan makna spirituali­tas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan.

Berbeda halnya dengan Rocka yang memainkan tembaga sebagai medium. Pendekatan visual Rocka mengingatk­an pada proses etching dalam pencetakan. Daripada menunjukka­n hasil, lukisan Rocka terlihat ingin menonjolka­n proses dan setiap lapisan. ’’Susah memang untuk bisa mengategor­ikan karya Rocka sebagai lukisan,’’ ujar Leon. (lin/c18/ano)

 ?? ANDREAN KRISTIANTO/JAWA POS ?? MEMUKAU: Pengunjung mengamati karya drawing dari dua seniman Kemal Ezedine dan Rocka Radipa yang dituangkan dalam medium logam dalam pameran bertajuk Solidifusi­on.
ANDREAN KRISTIANTO/JAWA POS MEMUKAU: Pengunjung mengamati karya drawing dari dua seniman Kemal Ezedine dan Rocka Radipa yang dituangkan dalam medium logam dalam pameran bertajuk Solidifusi­on.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia