Jawa Pos

Longsor Lagi, Rumah Bisa Ambrol

-

JOMBANG – Tanggul Sungai Gunting di Dusun Kebondalem, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, mulai kritis. Sayang, kerusakan itu belum tersentuh perbaikan. Akibatnya, warga selalu diliputi waswas rumahnya sewaktu-waktu roboh.

”Setiap hari nggak bisa tenang. Khawatir kalau sewaktu-waktu tanggul longsor dan rumah saya ikut ambrol,” ujar Etik, salah seorang warga, kepada Jawa Pos Radar Jombang kemarin.

Ketakutan Etik bukan tanpa alasan. Sebab, sebelumnya ada dua bangunan dapur tetanggany­a yang ambrol karena pengikisan tanggul.

Ironisnya, sampai saat ini, belum ada langkah konkret yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Provinsi Jatim untuk penanggula­ngan. ”Petugas sudah sering meninjau ke sini, tapi sampai sekarang belum ada penanganan sama sekali. Katanya baru dikerjakan nanti, menunggu setelah musim hujan,” jelasnya.

Sejak awal, lanjut Etik, perbaikan akan dilakukan. Karena kondisi di lokasi lain lebih mendesak, perbaikan pun terpaksa ditunda. ”Dulu katanya mau diperbaiki, tapi ternyata mendadak ada tanggul yang jebol sehingga pekerjaann­ya harus didahuluka­n,” imbuhnya.

Jika harus menunggu selama itu, dia khawatir kondisi tanggul kian kritis. Hal tersebut tidak hanya mengancam rumah-rumah warga, tetapi juga keselamata­n keluarga. Hal senada disampaika­n Sudarti yang sebagian dapur dan kamar mandinya ambrol. Untung, saat kejadian tidak sampai memakan korban. ”Ini dulu ada dapur. Kamar mandi sekarang hilang karena tanggulnya jebol,” terang ibu yang tinggal bersama lima anggota keluargany­a tersebut.

Melihat kondisi tanggul yang kian kritis, warga berharap penanggula­ngan bisa cepat dilakukan. ”Setidaknya ada penanganga­nan darurat untuk sementara. Kondisinya sudah seperti itu,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi, ada satu bangunan rumah yang sudah berantakan. Ada pula bangunan rumah yang sudah mulai timbul retakan di bagian tembok dan fondasi rumah. Jarak bangunan dengan sungai sudah tidak terpisahka­n oleh tanggul. ”Tanggulnya habis. Kalau sampai ada longsor lagi, mungkin rumah ikut ambrol,” ujarnya. ( naz/nk/c21/diq)

 ?? NASIKHUDDI­N/JAWA POS RADAR JOMBANG ?? KRITIS: Dapur dan kamar mandi di rumah milik Umi Hamidah ini berantakan.
NASIKHUDDI­N/JAWA POS RADAR JOMBANG KRITIS: Dapur dan kamar mandi di rumah milik Umi Hamidah ini berantakan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia