Jawa Pos

Pecah Ban, Pesawat Tergelinci­r

Bawa Lima Penumpang

-

WAMENA – Pesawat Grand Caravan PK-DLY milik PT Alda Air tergelinci­r di Lapangan Terbang Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, kemarin. Peristiwa pukul 12.10 WIT itu diduga terjadi karena roda kiri pesawat mengalami pecah ban. Namun, dalam insiden tersebut, tidak ada korban luka-luka. Keadaan pesawat pun baik.

”Benar ada insiden tergelinci­rnya Pesawat Grand Caravan PK-DLY milik PT Alda yang takeoff dari Bandar Udara Kabupaten Mimika dengan pilot atas nama Kapten Paulus Kayadu dan kopilot Darsono,” ungkap Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Reba yang dikonfirma­si melalui selulernya.

Menurut dia, pesawat karavan tersebut membawa lima penumpang. Yakni, atas nama Amalia, Putra, Rumus, Elius dan Repu. Barang yang dibawa adalah sembako dan daging ikan serta ayam. Diperkirak­an, total berat penumpang dan barang yang dibawa mencapai 1 ton. ”Pesawat berangkat dari Timika pukul 11.30 WIT. Pukul 12.15 WIT pesawat mendarat di Bandara Kenyam,” jelas Yan.

Namun, pesawat itu, lanjut dia, tergelinci­r karena ban pesawat pecah. Akibatnya, pesawat keluar run away bandara. Setelah tergelinci­r, aparat ke- amanan yang dibantu masyarakat berupaya mengevakua­si pesawat.

Hampir lebih dari dua jam atau tepatnya pukul 14.50 WIT, pesawat berhasil dievakuasi. Saat ini pesawat tersebut diparkir di lapangan Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, sambil menunggu mekanik dan teknisi dari Timika. ”Akibat dari kejadian ini, sementara akses penerbanga­n di Bandara Kenyam terhenti. Tidak ada korban jiwa,” ucap Yan.

Kondisi pesawat, terang dia, tidak mengalami kerusakan. Hanya ban pesawat yang pecah. ” Pecahnya ini disebabkan kondisi landasan bandara yang berbatu, berlubang, dan tidak beraspal,” jelasnya.

Sementara itu, pihak PT Alda Trans Papua langsung mengirimka­n satu pesawat dari Timika ke Kenyam berikut dengan para mekanik guna memperbaik­i dan mengecek kondisi pesawat yang tergelinci­r tersebut. (gin/tri/JPG/c24/diq)

Pecahnya ini disebabkan kondisi landasan bandara yang berbatu, berlubang, dan tidak beraspal.” AKBP Yan Reba, Kapolres Jayawijaya

 ?? POLRES JAYAWIJAYA FOR CENDERAWAS­IH POS/JPG ?? GANGGU PENERBANGA­N: Pesawat Grand Caravan PK-DLY milik PT Alda Air yang tergelinci­r di Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, kemarin (13/3)
POLRES JAYAWIJAYA FOR CENDERAWAS­IH POS/JPG GANGGU PENERBANGA­N: Pesawat Grand Caravan PK-DLY milik PT Alda Air yang tergelinci­r di Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, kemarin (13/3)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia