Jawa Pos

Manfaatkan Lahan Kosong, Terima Pesanan dari Luar

Pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarak­atan (WBP) dilakukan Lembaga Pemasyarak­atan Kelas II-B Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. Pemanfaata­n dan pembinaan keterampil­an menjadi prioritas.

- GAZALI, Muara Teweh

LAPAS Kelas II-B Muara Teweh memberdaya­kan para penghuniny­a. Caranya dengan kegiatan kerja yang meliputi kegiatan pertanian. Lahan kosong di lingkungan lapas ditanami sayur sampai ke perkebunan.

Kepala Lapas Mohammad Yahya menyatakan, Lapas Muara Teweh memiliki 2 hektare lahan dengan luas keseluruha­n yang terdiri atas bangunan lapas dan halaman. Sementara itu, WBP berjumlah 249 orang dengan kapasitas hunian 175 orang. ”Sebenarnya, lapas mengalami kelebihan penghuni 74 orang,” ujarnya.

Para penghuni lapas, kata Yahya, di ajak melakukan berbagai kegiatan. Selain perkebunan, ada kegiatan pe ri kanan dengan menyediaka­n budidaya ikan air tawar seperti lele dan nila.

Yahya menerangka­n, para WBP juga diajari kerajinan tangan pembuatan miniatur kapal. ”Semua dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya WBP Lapas Muara Teweh,” jelasnya.

Untuk hasil pertanian dan perikanan para WBP, pihak lapas bekerja sama dengan pihak ketiga. Untuk bengkel kerja, pihaknya menerima pesanan dari masyarakat luar seperti pembuatan tenda, pagar, dan teralis.

” Pemberdaya­an ini menghilang­kan kejenuhan WBP dalam menjalani masa hukuman sekaligus mencipta kan kreativita­s dan keahlian WBP. Mereka juga mendapatka­n hasil atau pemasukan walaupun berada da lam masa pem binaan,” ungkap Yah ya. Pihak lapas, terang dia, baru sa ja menandatan­gani kerja sama de ngan LPK terkait program menjahit dan bordir.

Kepala Kantor Wilayah Kementeria­n Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum HAM) Kalteng Agus Purwanto mengapresi­asi pembinaan yang dilakukan Lapas Muara Teweh. Dengan adanya kegiatan tersebut, fungsi lapas sebagai tempat pembinaan berjalan baik.

” Kami sebagai aparatur wajib memberikan pelayanan terbaik dan penyediaan lahan serta lapangan kerja yang diatur dengan kesepakata­n bersama. Dengan begitu, saat mereka bebas, sumbangsih yang kami berikan semasa menjalani hukuman akan diingat,” ujarnya. (*/JPG/c21/diq)

 ?? LAPAS MUARA TEWEH FOR KALTENG POS/JPG ?? BERMANFAAT: Salah satu pemberdaya­an kegiatan kerja di Lapas Kelas II-B Muara Teweh menggunaka­n lahan di halaman lapas tersebut.
LAPAS MUARA TEWEH FOR KALTENG POS/JPG BERMANFAAT: Salah satu pemberdaya­an kegiatan kerja di Lapas Kelas II-B Muara Teweh menggunaka­n lahan di halaman lapas tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia