Jawa Pos

Review Jelek, Kong Sukses Geser Logan

-

LOS ANGELES – Publik ternyata masih cinta dengan film yang ”dibintangi” monster raksasa. Atau mungkin masih penasaran. Sebab, meski review- nya tak bagus, Kong: Skull Island langsung menguasai box office di akhir pekan perdana penayangan­nya. Film lansiran Warner Bros. itu meraup USD 61 juta (Rp 814,7 miliar) di pasar Amerika Utara.

Angka itu jauh melebihi prediksi kritikus yang hanya USD 45 juta–USD 50 juta (Rp 601 miliar–Rp 667,8 miliar). Presiden Distribusi Domestik Warner Bros. Jeff Goldstein menyatakan, pemasaran Kong diuntungka­n oleh banyak hal. Duet bintang Tom Hiddleston dan Brie Larson salah satunya. Juga plot yang dijanjikan berbeda dengan garapan Peter Jackson pada 2005.

”Tim marketing kami membuat filmnya seperti popcorn. Ringan, menyenangk­an, dan menarik. Pilihan tanggalnya juga bagus,” jelas Goldstein sebagaiman­a dikutip LA

Times. Kong juga berhasil memukau penonton mancanegar­a dengan catatan USD 81,6 juta (Rp 1,09 triliun) pada pekan pertama. Di jajaran box office, Kong menggeser pemuncak pekan lalu, Logan.

Pendapatan film solo ketiga Wolverine itu turun hingga 58 persen pada akhir pekan keduanya. Film terakhir Hugh Jackman sebagai mutan X-Men itu mencatat tambahan pemasukan USD 37,8 juta (Rp 504,9 miliar). Total, Logan mengumpulk­an USD 152,6 juta atau Rp 2,038 triliun di Amerika Utara dan USD 438,3 juta atau Rp 5,85 triliun worldwide.

Namun, dengan raihan tinggi tersebut, tidak berarti PR Kong selesai. Film tersebut masih jauh dari kata balik modal. Sebab, film arahan sutradara Jordan Vogt-Roberts itu digarap dengan bujet superbesar. Yakni, USD 185 juta (Rp 2,471 triliun). Legendary Pictures, rumah produksi Kong, dan Warner Bros. harus mempertaha­nkan penjualan di pasar Amerika Utara plus meningkatk­an promosi di mancanegar­a.

Kong masih harus melawan calon-calon pemuncak box office lain. Pekan depan Kong diuji oleh premiere Beauty and the Beast yang tayang serentak pada Jumat (17/3). Namun, papar Goldstein, itu tidak bakal menghambat Kong untuk meraih pendapatan tinggi. ”Film itu bakal diputar selama enam pekan. Kebetulan, tanggal rilisnya pas dengan awal libur musim semi,” ucapnya.

Warner Bros. memprediks­i film lanjutan Godzilla itu bakal sukses menggaet penonton muda. Dari survei yang dilakukan tim marketing, 35 persen audiens Kong berusia di bawah 25 tahun. (fam/c11/na)

 ?? VINCE VALITUTTI/WARNER BROS. PICTURES VIA AP ?? BIKIN PENASARAN: Dari kiri, Tian Jing, Brie Larson, Tom Hiddleston, dan Thomas Mann dalam sekuen Kong: Skull Island. Film ini menggeser Logan dari puncak box office akhir pekan lalu.
VINCE VALITUTTI/WARNER BROS. PICTURES VIA AP BIKIN PENASARAN: Dari kiri, Tian Jing, Brie Larson, Tom Hiddleston, dan Thomas Mann dalam sekuen Kong: Skull Island. Film ini menggeser Logan dari puncak box office akhir pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia