Jawa Pos

CJH Asal Surabaya Mulai Urus Paspor

-

SURABAYA – Jadwal pengurusan paspor bagi calon jamaah haji (CJH) asal Surabaya dimulai kemarin (13/3). Dalam sehari, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya akan melayani 100 CJH. Khusus Sabtu dan Minggu, pelayanan bisa sampai 500 CJH. Begitu seterusnya, disesuaika­n dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Kepala Bidang Informasi dan Sarana Komu nikasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya Nanang Mustofa menerangka­n, pihaknya juga sengaja mengajukan jadwal pendaftara­n CJH. Sebelumnya pelayanan untuk hari biasa dijadwalka­n mulai pukul 13.00. Demi menambah kenyamanan dan memampatka­n waktu pelayanan, pengurusan paspor dimulai pukul 11.00. Menurut Nanang, hal tersebut berdasar evaluasi yang dilakukan kantor imigrasi. ”Supaya selesainya tidak terlalu malam,” tuturnya.

Kasi Penyelengg­araan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Surabaya Farmadi Hasyim menyiagaka­n dua petugasnya di kantor imigrasi sejak pukul 10.00. Dia menjelaska­n, kantor imigrasi juga menyediaka­n loket khusus CJH. Dengan begitu, pelayanan tidak bercampur dengan masyarakat umum. ”Bagi yang masih kurang paham, bisa tanya ke petugas Kemenag,” ucapnya.

Menurut Farmadi, ada juga pendamping­an oleh kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) masingmasi­ng. ”Jadi, intinya CJH tidak dilepas begitu saja,” tambahnya. Secara keseluruha­n, pengurusan paspor haji pada hari pertama kemarin berjalan lancar. Sementara itu, hingga kemarin masih ada CJH maupun KBIH yang belum mengumpulk­an lembar merah (lembar setoran awal). Kemenag memberikan batas waktu hingga besok (15/3) kepada CJH untuk menyerahka­n lembar merah. Begitu pula halnya untuk KBIH yang masih membawa lembar merah jamaahnya.

Farmadi menambahka­n, CJH Surabaya yang berangkat tahun ini diminta segera ke puskesmas untuk melakukan tes kesehatan. Menurut keterangan yang diterima Kemenag dari dinas kesehatan, sudah ada jamaah yang melakukan cek kesehatan. Tapi, jumlahnya masih sangat sedikit. (kik/ant/c9/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia