Jawa Pos

Komitmen Berantas Narkoba dan Pungli

-

SURABAYA – Rutan Kelas I Surabaya menunjukka­n komitmen untuk bebas dari narkoba dan pungli. Setelah aksi bersih-bersih narkoba dan pungli beberapa waktu lalu, kemarin (13/3) sebanyak 132 pegawai menandatan­gani deklarasi bebas narkoba dan pungli.

Kepala Rutan Kelas I Surabaya Bambang Haryanto menjelaska­n, penandatan­ganan deklarasi tersebut dilakukan untuk menghapus stigma negatif tentang rutan. Juga, menjawab dugaan yang menyebutka­n bahwa Rutan Medaeng termasuk salah satu di antara 39 UPT yang terindikas­i terdapat narkoba dan pungli. ’’Kami buktikan bahwa kami bersih,’’ tegas Bambang saat apel kemarin.

Bambang meminta para petugas rutan agar bisa membangkit­kan kembali semangatny­a. Juga, tidak berkomprom­i terkait dengan peredaran narkoba dan pungli. ’’Saya mengingatk­an kembali, jangan sampai lengah,’’ jelasnya.

Setiap karyawan harus saling mengingatk­an dengan dilandasi semangat kekeluarga­an. Bahkan, Bambang juga mengatakan tidak segan jika ditegur. ’’Walaupun ditegur bawahan, jika memang salah, ya harus introspeks­i diri,’’ katanya.

Setelah apel, seluruh pegawai diwajibkan menandatan­gani deklarasi bebas dan bersih dari narkoba dan pungli. Bambang mengakui, dalam peraturan kepegawaia­n, hak dan kewajiban pegawai sebenarnya sudah diatur. Termasuk ketentuan harus bersih dari pungli dan narkoba. ’’Ini hanya mengingatk­an lagi supaya tidak sampai terjerumus,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jatim Budi Sulaksana menyatakan, saat ini pihaknya berbenah. Terutama terkait dengan peredaran hand- phone, narkoba, dan pungli di dalam rutan serta lapas. Karena itu, dia mengapresi­asi langkah yang diambil Rutan Kelas I Surabaya. ’’Kegiatan ini tentu sangat membantu kami,’’ tuturnya.

Budi menambahka­n, langkah tersebut bertujuan meningkatk­an pelayanan. Baik kepada penghuni maupun pengunjung. Karena itu, dia berharap kondisi lapas dan rutan ke depan semakin baik. ’’Semua unsur dan elemen harus diikutkan agar program ini berjalan maksimal,’’ ujarnya. (aji/c15/fal)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? TEGAS: Karutan Kelas I Surabaya Bambang Haryanto (kanan) menyaksika­n penandatan­ganan pakta integritas.
GHOFUUR EKA/JAWA POS TEGAS: Karutan Kelas I Surabaya Bambang Haryanto (kanan) menyaksika­n penandatan­ganan pakta integritas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia