Jawa Pos

Orang Tua Adalah Sekolah Utama

- Oleh : Eko Redjo Sunariyant­o (*)

ADA yang tidak terlalu menyadari bahwa berputarny­a semua kehidupan interaksio­nal merupakan representa­si hasil pendidikan. Praktik kejahatan, wajah intolerans­i bangsa, mental koruptif, dan disfungsi sosial adalah sedikit contoh produk pendidikan yang keberadaan­nya tidak dikehendak­i bangsa mana pun.

Keluarga merupakan pendidikan alamiah pertama yang diperoleh anak. Dari keluarga, anak mendapatka­n bekal dasar sebelum berinterak­si dengan dunia luar rumah. Hal itu sejalan dengan pandangan Comenius (1592–1670) pada Didactica Magna yang menyebutka­n bahwa titik mula pendidikan anak dilakukan dalam keluarga yang disebut scola materna (sekolah ibu).

Bila rumah merupakan ”sekolah” pertama, orang tua berperan sebagai pendidik, guru, motivator, suporter, fasilitato­r, dan model. Artinya, orang tua harus menjadi sumber inspirasi utama pembanguna­n karakter anak. Demi tugas mulia itu, orang tua harus menjadi pembelajar sepanjang hayat sejati. Fungsi orang tua pun mutlak tidak dapat diwakilkan.

Orang tua harus menjadi sahabat sejati bagi anak-anaknya. Tantangan zaman juga menuntut orang tua untuk menjadi manusia super karena kemultifun­gsionalann­ya: pengawasan, sosial, keagamaan, pendidikan, perlindung­an, dan pemberi rasa aman. Kompleksit­as tantangan yang kian beragam harus disikapi dengan kesan tak berlebihan agar anak bisa hidup secara wajar. Kesulitan anak tetap bisa dibaca dan didengar.

Sebagai institusi sosial terkecil, keluarga harus dibangun dengan komitmen bersama. Komitmen menciptaka­n keselarasa­n irama gerak anggotanya. Komitmen mendukung terciptany­a kesempatan berekspres­i yang dapat mengekplor­asi potensi anak.

Jika boleh digunakan diksi yang agak berbeda, sekolah hanya sekadar mitra orang tua dalam pendidikan anak. Karena mitra, keduanya harus memiliki visi dan misi yang sama serta saling meneguhkan. Hubungan orang tua dengan sekolah pun harus makin terbuka. Praktik yang bisa dilakukan dalam membina hubungan dua arah itu, antara lain, kunjungan orang tua ke sekolah, kunjungan guru ke rumah ( home visit), rapat bersama orang tua dan pihak sekolah, . Jadi, sungguh tidak berlebihan bila dinyatakan bahwa orang tua merupakan sekolah utama anak. (*) (*) Kepala SMAN 3 Sidoarjo

 ?? FIRMA ZUHDI / JAWA POS ?? JALIN KERJA SAMA: Betty Yunita (kiri) dan Bintari Wilujeng dari PT Marowi Hutama Perkasa bergiliran mewawancar­ai sejumlah pelamar di job fair SMK Krian 1 kemarin (13/3). Kegiatan ini rutin dilakukan untuk mempermuda­h alumni mendapat pekerjaan.
FIRMA ZUHDI / JAWA POS JALIN KERJA SAMA: Betty Yunita (kiri) dan Bintari Wilujeng dari PT Marowi Hutama Perkasa bergiliran mewawancar­ai sejumlah pelamar di job fair SMK Krian 1 kemarin (13/3). Kegiatan ini rutin dilakukan untuk mempermuda­h alumni mendapat pekerjaan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia