Jawa Pos

Kawasan Pabean dan Tropodo Terendam

Drainase Jalan Akan Diperlebar

-

SIDOARJO – Hujan deras membuat Jalan Raya Pabean hingga Jalan Raya Tropodo tergenang pada Minggu malam (12/3). Ketinggian air berkisar 20–50 cm. Dua perumahan, yaitu Wisma Tropodo dan Kepuh Permai, pun ikut terendam. Air hujan tidak bisa masuk ke saluran air karena drainase sudah penuh.

Titik genangan paling parah terlihat di Jalan Raya Pabean. Tepatnya di dekat Perumahan Kepuh Permai. Banyak kendaraan roda dua yang mogok saat pengendara­nya nekat menerobos genangan.

Kemarin (13/3) genangan air yang memenuhi jalan memang tampak surut. Kendaraan bisa melintas dengan lancar. Namun, antrean kendaraan terjadi di depan Perumahan Kepuh Permai. Pe- ngendara yang awalnya ingin masuk ke perumahan mengurungk­an niat setelah melihat genangan air yang ketinggian­nya masih sekitar 30 cm.

Genangan juga tampak di pintu masuk Perumahan Wisma Tropodo. Ketinggian­nya mencapai 30 cm. Masuk ke perumahan, genangan air semakin tinggi. ’’Tinggi air di dalam perumahan sampai selutut,’’ ucap Indriyani, salah satu warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, genangan air memang sering muncul di Jalan Raya Pabean hingga Tropodo. Penyebabny­a adalah saluran air yang terlalu kecil. ’’Karena kecil, tidak bisa menampung air hujan,’’ jelasnya.

Penyebab lainnya adalah saluran air yang menghubung­kan wilayah perumahan ke arah afvoer Cantel tidak berfungsi maksimal. Akibatnya, aliran air terhambat. Ke depan PUPR menerapkan sejumlah langkah. Solusi jangka pendek adalah mengoptima­lkan tiga pompa air. Dua pompa berada di Desa Tambakrejo dan satu pompa di wilayah Tambaksawa­h.

Petugas juga akan menormalis­asi saluran. Sampah yang menghambat saluran akan dibersihka­n. Langkah berikutnya melebarkan saluran di sisi timur jalan. Menurut Sigit, kini lebar saluran hanya 60 cm. Ke depan drainase itu dilebarkan menjadi 1,5 meter. Yang terakhir, dinas PUPR akan melebarkan saluran crossing ke arah afvoer Cantel. ’’Kami akan memasang box culvert,’’ jelasnya. (aph/c15/pri)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? BUKAN SEDANG BERATRAKSI: Pengendara motor menerjang banjir yang menggenang­i jalan perumahan Wisma Tropodo, Waru, kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS BUKAN SEDANG BERATRAKSI: Pengendara motor menerjang banjir yang menggenang­i jalan perumahan Wisma Tropodo, Waru, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia