Jawa Pos

Perankan Pengusaha Pengidap Alzheimer

-

SURABAYA – Tantangan besar dirasakan Morgan Oey, bintang film Moon Cake Story. Dalam film garapan Garin Nugroho itu, dia memerankan tokoh David, pengusaha muda pengidap alzheimer.

Dari peran-peran yang sudah dilakoni Morgan sebelumnya, yang ini memang sangat berbeda. Dibutuhkan pendalaman karakter yang lebih.

Bincang-bincang soal peran dan film terbaru Morgan dikemas santai pada meet and greet yang diadakan di ruang serbaguna Universita­s Surabaya (Ubaya).

Tepuk tangan riuh para mahasiswa mengiringi aktor tam- pan itu ketika masuk ke venue. Morgan tidak ragu untuk mampir ke kerumunan mahasiswi yang berteriak, lalu wefie. ”Ayo siapa yang mau tanya, bonusnya foto bareng Morgan,” kata MC yang kemudian membuat para mahasiswa tambah histeris. Mereka bergegas mengacungk­an tangan. Dengan dipandu oleh MC, tanya jawab singkat tentang film berjalan gayeng.

Film yang akan tayang 23 Maret itu mengisahka­n seorang pengusaha muda yang sedang dalam puncak keberhasil­an. Namun, penyakit alzheimer yang menyerangn­ya membuat ingatannya lumpuh. Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita.

Beberapa kejadian pun menimpa David yang diawali dengan meninggaln­ya sang istri. Keadaan berubah ketika David bertemu dengan Asih (Bunga Citra Lestari) yang bekerja sebagai joki 3 in 1. Sosok Asih menggambar­kan kenangan David terhadap ibunya.

Hubungan mereka tumbuh untuk saling mengisi. Tidak hanya menyuguhka­n kisah drama, sang sutradara juga membubuhka­n komedi segar. ”Beberapa komedian seperti Kang Saswi dan Jaja Miharja akan tampil,” kata Morgan.

Selama satu minggu sebelum syuting, Morgan mengunjung­i panti rehabilita­si untuk pengidap penyakit alzheimer di daerah Sentul. Selain itu, dia berburu referensi dari video dan film tentang penyakit tersebut.

Ditanya mengenai scene yang paling susah, pria kelahiran Singkawang, 25 Mei 1990, itu membeberka­n saat David tibatiba mengalami disorienta­si. ”Yang tadinya ngobrol biasa, jadi blank. Hilang koneksi,” katanya. (esa/c6/jan)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? TEMU IDOLA: Mahasiswa Ubaya memanfaatk­an event meet & greet untuk berfoto bersama Morgan Oey (dua dari kiri) kemarin. Morgan promo film terbarunya, Moon Cake Story.
DITE SURENDRA/JAWA POS TEMU IDOLA: Mahasiswa Ubaya memanfaatk­an event meet & greet untuk berfoto bersama Morgan Oey (dua dari kiri) kemarin. Morgan promo film terbarunya, Moon Cake Story.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia