Jawa Pos

Rumah Ambruk Timpa Pemilik

-

HUJAN deras yang disertai angin kencang Senin lalu (13/3) mengakibat­kan rumah milik Rasyad, 45, warga RT 4 RW 2, Dusun Karning Wetan, Desa Sumber Kerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolingg­o, ambruk. Saat kejadian, tiga anggota keluarga berada di dalam rumah.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutka­n, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00. Saat kejadian, kepala keluarga (Rasyad) tidak berada di rumah. Rasyad yang bekerja sebagai nelayan saat itu tengah melaut. Sedangkan Satrina, 40, istri Rasyad, tengah bertamu di rumah Luluk, kerabatnya.

Saat kejadian, yang ada di dalam rumah adalah kedua anak Rasyad, yakni Siti Hotimah, 10, dan Muhammad Faiz, serta Trina, 70, ibu Satrina. Menurut Satrina, waktu itu terjadi hujan deras yang disertai angin kencang. Seketika angin kencang dari arah utara merobohkan rumah semiperman­en berukuran 5 x 12 meter tersebut. ”Rumahnya ambruk ke arah selatan,” ucap Satrina saat ditemui Jawa Pos Radar Bromo kemarin (14/3).

Melihat rumahnya ambruk, Satrina langsung berlari untuk menyelamat­kan ibu dan kedua anaknya. Untung, ketiganya selamat dan tidak mengalami luka. Untuk sementara seluruh anggota keluarga diungsikan ke rumah Luluk. Saat ditemui koran ini, Faiz mengaku tidak sampai terkena atap yang ambruk karena di dekatnya ada lemari serta meja. Meski begitu, dia dan kakak serta neneknya sangat ketakutan.

Tak lama setelah kejadian, Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolingg­o mendatangi lokasi. Selain memberikan bantuan berupa makanan siap saji, petugas mengevakua­si material rumah. Namun, karena kondisi sudah malam, aksi bersih-bersih dilanjutka­n kemarin. Selain BPBD, sejumlah instansi juga terlibat dalam aksi bersih-bersih. Antara lain Dinas Sosial, Kodim 0820, dan Polres Probolingg­o serta Polsek Gending. (rpd/rf/c9/ano)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia