Jawa Pos

Sepak Bola Indonesia Cocok untuk Saya

-

KARENA terjebak kemacetan sekembalin­ya dari Bandung untuk meneken kontrak dengan Persib Bandung, Michael Essien akhirnya membatalka­n janji wawancara khusus dengan Jawa

Dia mesti bergegas ke bandara buat kembali ke London demi mengurus dokumen yang diperlukan untuk bermain di Indonesia. Sebagai gantinya, wawancara dilakukan melalui WhatsApp lewat perantaraa­n sang agen, Matheo.

Anda saat ini menjadi pemain termahal di Indonesia. Dengan segala pengalaman yang Anda miliki, apa yang bisa Anda kontribusi­kan untuk sepak bola di sini?

Saya tidak mau membahas masalah harga murah atau mahal. Tapi, saya pilih Indonesia karena proyek sepak bola Indonesia saat ini sangat cocok dengan saya. Saya dengar, sepak bola Indonesia sedang berusaha keras untuk bisa menembus pasar dunia. Saya akan berusaha membantu dengan pengalaman yang saya punya, untuk Persib dan sepak bola Indonesia.

Kapan opsi bermain di Indonesia itu kali pertama disodorkan kepada Anda?

Sudah cukup lama saya menerima telepon dari pihak agen saya. Matheo meyakinkan saya bahwa sepak bola Indonesia sedang mengalami perubahan besar. Saya berkomunik­asi dengannya selama satu bulan terakhir ini.

Kabarnya, Anda dibayar Rp 8,5 miliar– Rp 10 miliar semusim di Persib. Apa Anda pernah mendapat tawaran senilai itu dari klub di negara Asia lainnya?

Sudah pasti itu, sebagai pemain bola yang sudah punya nama, tawaran dari klub dan negara lain tentu ada. Harga yang mereka tawarkan juga lumayan tinggi. Tapi, untuk pemain, harga bukan hal utama, saya juga harus melihat beberapa aspek yang lain. Dan, saya melihat sepak bola Indonesia sangat cocok untuk saya. Itulah yang membuat saat datang ke sini.

Pernahkah terbayang pada masa ketika Anda bermain di Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan bahwa suatu hari Anda akan bermain di Asia?

Hmmm… Tidak terbayangk­an sebelumnya. Sebab, saya selalu fokus dengan klub yang saya bela saat itu. Tapi, saya bisa sampai ke sini karena Tuhan yang mengatur. Satu hal yang paling penting, saya sudah nyaman di sini.

Apa yang Anda ketahui tentang sepak bola Indonesia?

Saya tahu Indonesia ketika datang bersama Chelsea di Jakarta pada 2013. Fans sepak bola di Indonesia sangat masif. Saya pilih Persib karenasupo­rtermereka­banyakdanl­oyal. Saya ingin bekerja keras untuk mereka.

Anda sempat dikaitkan dengan Muangthong United (Thailand) dan Melbourne Victory (Australia), tapi kemudian batal. Apa benar karena Anda masih mengalami cedera?

Saat ini kondisi kesehatan saya sangat bagus dan 100 persen sehat. Sama seperti yang saya bilang, kalau Anda tidak cocok dengan sepak bola di sana, mengapa Anda harus lanjutkan di sana (Australia dan Thailand, Red)?

Selama berkarir, Anda pernah bermain di beberapa posisi yang berbeda. Sebenarnya, posisi mana yang membuat Anda nyaman? Terutama dengan usia Anda yang tak lagi muda?

Hehehe… Berarti anda sudah lama mengikuti perkembang­an saya. Ya, sebenarnya saya bisa bermain di semua posisi. Hanya posisi sebagai penjaga gawang yang belum saya jalani. Tapi, untuk saat ini, saya ingin bermain sebagai gelandang serang. Sejak dulu, saya memang sangat nyaman di posisi itu. (ben/c18/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia