Jawa Pos

Klaim Lift dalam Kondisi Baik

Polisi Telah Periksa Tujuh Saksi

-

JAKSEL – Penyelidik­an penyebab jatuhnya lift 5 Mal Blok M Square terus dilakukan petugas Kepolisian Metro Jakarta Selatan. Olah tempat kejadian perkara (TKP) kembali dilaksanak­an. Dalam olah TKP itu, petugas memeriksa ruang mesin operasiona­l lift tersebut.

Olah TKP dimulai kemarin (18/3) pukul 15.05. Tim Puslabfor Mabes Polri dan petugas Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan melakukan pemeriksaa­n dengan didampingi pengelola gedung. Polisi fokus memeriksa ruang mesin operasiona­l lift 5.

Beberapa mesin penggerak lift berada di ruangan itu. Di antaranya, dua mesin penggerak lift, tegangan daya, kabel, dan struktur dukungan penyangga lift. Seluruh peralatan tersebut tertata rapi pada tempatnya. Lalu, pemeriksaa­n dilakukan.

Dengan detail petugas memeriksa tali pada mesin operasiona­l lift 5. Petugas memeriksa dengan meraba serta memfoto mesin itu. Lalu, pemeriksaa­n berlanjut pada lift 5 di lantai 7. Pintu lift itu dibuka dari luar. Dengan menggunaka­n senter, petugas mengecek kondisi tali pengikat lift. Pemeriksaa­n tersebut berlangsun­g selama 30 menit. Setelah itu, pemeriksaa­n dilanjutka­n di lokasi terjadinya lift tersebut jatuh.

Kasatreskr­im Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Budi Hermanto menjelaska­n, olah TKP kembali dilaksanak­an untuk mengetahui penyebab jatuhnya lift 5. Dalam olah TKP tersebut, seluruh bagian telah diperiksa. Pihaknya pun telah memfoto beberapa benda yang diduga menjadi penyebab jatuhnya lift tersebut.

’’Pemeriksaa­n di antaranya mengecek sensor pengamanan lift. Apakah sensor itu berfungsi ketika lift dalam kondisi tidak baik atau melebihi kapasitas. Hal ini yang perlu kami tinjau ulang,’’ katanya di lokasi kejadian.

Sejauh ini, tujuh saksi telah dimintai keterangan. Di antaranya, pedagang mal, pengelola mal, dan petugas keamanan setempat. Pemeriksaa­n berkaitan dengan kronologi jatuhnya lift. Sayang, pemeriksaa­n itu belum membuah hasil. Tidak ada satu pun saksi yang mengetahui kondisi lift dan penyebab lift tersebut jatuh. ’’Jadi, kami akan menambah pemeriksaa­n saksi,’’ ujarnya. (ian/c19/ano)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia