Jawa Pos

Rutin Diskusi Benda Pusaka Setiap Jam Istirahat

Hobi Anggota PJR Jatim-V Banyuwangi Mengoleksi Barang Antik

- NIKLAAS ANDRIES, Banyuwangi

Tiga anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Jatim-V Banyuwangi ini memiliki hobi yang sama. Iptu Roni Falsah, Aiptu Wayan Redita, dan Bripka Eko Widayat sama-sama gemar mengoleksi barang antik.

SUASANA sedikit hening tampak di kantor Unit PJR Jatim-V di dekat perempatan Karangente kala itu. Jarum jam menunjukka­n pukul 12.00 di kantor patroli jalan raya yang membawahi wilayah Situbondo, Jember, dan Banyuwangi tersebut. Artinya, sudah waktunya mereka istirahat makan siang. Sedikit tanda kehidupan yang tampak di bagian belakang pos yang berhadapan langsung dengan area parkir mobil dinas.

Di sana, tiga anggota PJR terlihat duduk dan ngobrol. Tampak pula kopi tersedia di atas meja. Ketiganya adalah Iptu Roni Falsah, Aiptu Wayan Redita, dan Bripka Eko Widayat. Obrolan pada jam istirahat itu pun terlihat santai, tapi serius. Beberapa kali, obrolan tersebut disertai gerak tubuh yang menandakan adanya sesuatu benda yang dibahas.

Ternyata benar. Obrolan tiga anggota PJR tersebut berkutat seputar barang antik. Mereka saling menceritak­an koleksi benda warisan leluhur di rumah masing-masing. Bentuk dan jenis koleksi yang dimiliki pun beragam. Mulai keris, tombak, cincin, hingga barang pusaka lainnya.

Perbincang­an pun kian hangat. Setelah setengah jam ngobrol, ketiganya pun bersiap-siap untuk pindah tempat. Yang menjadi jujukan adalah rumah Eko Widayat di Perum Pakis Jalio, Kecamatan Banyuwangi. Apalagi adanya rasa penasaran membuat mereka bergegas menuju rumah salah seorang anggota PJR tersebut. ”Mau lihat koleksi di rumah Eko,” ucap Roni.

Tidak sampai sepuluh menit, rombong- an tersebut akhirnya sampai di rumah Eko. Setelah melepas sepatu, Eko didampingi Roni dan Wayan langsung masuk rumah. Lokasi yang dituju adalah ruangan di bagian belakang rumah Eko.

Melihat tempatnya, ruangan itu difungsika­n pemilik rumah sebagai lokasi salat. Sajadah dan kaligrafi terpasang pada tempatnya. Di sudut ruangan, tampak sebuah lemari tua yang ada kacanya. Di dalam lemari tersebut, ada beberapa koleksi benda antik milik Eko. ”Saya simpan koleksi di sini,” kata Eko.

Saat pintu lemari itu dibuka, Eko mengeluark­an sejumlah benda pusaka. Ada keris dengan rupa dan jenis serta ukuran yang berbeda. Layaknya manusia, keris tersebut juga punya nama. Misalnya, keris bermotif kera yang disebut Eko dengan Keris Hanomanya. Di bagian lainnya, ada pula koleksinya yang berbentuk tombak.

Sama halnya dengan keris, tombak itu punya nama. Eko menceritak­an, kebanyakan koleksinya merupakan warisan dari orang tua. Seluruh koleksinya tetap tersimpan rapi hingga kini. ”Ada yang warisan. Ada juga yang diperolehn­ya sendiri,” ucapnya.

Momen berkumpul bersama saat jam istirahat menjadi waktu yang tepat untuk membicarak­an benda peninggala­n leluhur. Bila ada yang cocok, sistem barter maupun jual beli bisa dilakukan.

Bukan hanya di internal anggota PJR Jatim, koleksinya juga diperoleh dari berkumpul dengan sejumlah komunitas penggemar barang antik. Soal nilai, itu memang tidak bisa diukur dengan uang. Namun, prinsip dipegang ketiganya. Bila benda antik yang diperoleh melalui pembelian, otomatis nilainya bisa diukur. Namun, kalau merupakan pemberian atau warisan, sebisa mungkin benda tersebut akan dipertahan­kan. (bay/c24/ano)

 ?? NIKLAAS ANDRIES/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? KOLEKSI: Dari kiri, Brigadir Jarwo, Bripka Eko, Iptu Roni, dan Aiptu Wayan menunjukka­n barang antik koleksi mereka kemarin. Mereka tergerak untuk melestarik­an budaya.
NIKLAAS ANDRIES/JAWA POS RADAR BANYUWANGI KOLEKSI: Dari kiri, Brigadir Jarwo, Bripka Eko, Iptu Roni, dan Aiptu Wayan menunjukka­n barang antik koleksi mereka kemarin. Mereka tergerak untuk melestarik­an budaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia