Jawa Pos

Sepeda Listrik Keren dari ”Zaman Flintstone­s”

-

SEANDAINYA ada sepeda listrik pada zaman Flintstone­s, mungkin beginilah tampilanny­a. Sepeda listrik ini dirancang dari bahan bambu. Prototipe sepeda itu buatan desainer sepeda bambu legendaris Calfee. Sepeda tersebut dipamerkan pada ajang North American Handmade Bicycle Show di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, pekan ini.

E-bike itu dibekali motor yang mampu mengeluark­an tenaga 1.500 watt. Didukung baterai berkekuata­n 54 volt/250 wh. Juga dilengkapi hub dinamo pada roda depan yang mampu menghasilk­an tenaga listrik untuk menghidupk­an lampu LED sebesar 12 volt. Roda belakangny­a dipersenja­tai

hub transmisi Sturmey-Archer. Digabungka­n dengan motor Bafang memungkink­an sepeda itu mencapai kecepatan maksimal 64 kilometer per jam. Jika semakin kencang, tentu konsumsi baterai akan boros.

Dirancang untuk menjadi sepeda kompak dan lincah di wilayah perkotaan, e-bike itu juga dimodali suspensi fork dan seatpost. Plus ban BMX berukuran 20 inci. Yang memikat adalah jari-jarinya yang dibuat dari bambu. Sedangkan

stem- nya memungkink­an setang bisa berbelok 90 derajat ketika sepeda diparkir. Artinya, sepeda itu bisa berdiri rata ketika disandarka­n ke tembok.

”Secara teknis, ini adalah moped. Tapi, kami akan tunggu saja pembuat regulasi memasukkan sepeda ini ke jenis apa,” ucap Craig Calfee, desainer sekaligus legenda pembuat sepeda full carbon pertama di dunia. Jika tidak ada halangan, sepeda itu sudah meluncur ke pasaran pada akhir musim panas tahun ini dengan kisaran harga USD 5.000 (setara Rp 66 juta). (cak/c11/nur)

 ??  ?? SISTEM PENERANGAN: Sepeda e-bike Calfee dilengkapi hub dinamo pada roda depan yang mampu menghasilk­an tenaga listrik untuk menghidupk­an lampu LED 12 volt.
SISTEM PENERANGAN: Sepeda e-bike Calfee dilengkapi hub dinamo pada roda depan yang mampu menghasilk­an tenaga listrik untuk menghidupk­an lampu LED 12 volt.
 ?? FOTO-FOTO: BEN COXWORTH/NEW ATLAS ?? LAMPU BELAKANG: Inilah bentuk belakang sepeda e-bike Calfee. Di sana terdapat lampu bertenaga listik. Roda belakangny­a juga dipersenja­tai hub transmisi Sturmey-Archer.
FOTO-FOTO: BEN COXWORTH/NEW ATLAS LAMPU BELAKANG: Inilah bentuk belakang sepeda e-bike Calfee. Di sana terdapat lampu bertenaga listik. Roda belakangny­a juga dipersenja­tai hub transmisi Sturmey-Archer.
 ??  ?? ENAK DIPAKAI: Sepeda ini dilengkapi suspensi pada seatpost yang membuatnya nyaman untuk dinaiki.
ENAK DIPAKAI: Sepeda ini dilengkapi suspensi pada seatpost yang membuatnya nyaman untuk dinaiki.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia