Jawa Pos

Pendaftar MAN Insan Cendekia Membeludak

-

TANGSEL – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kementeria­n Agama (Kemenag) masih jadi primadona. Itu terlihat dari membeludak­nya peserta tes masuk yang diselengga­rakan serentak di seluruh Indonesia kemarin (18/3).

Salah satu lokasi tes masuk adalah MAN IC Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Ratusan anak usia SMP sederajat diantar orang tuanya ikut ujian. Ujian tulis berlangsun­g dalam empat sesi. Berjalan mulai pagi sampai pukul 16.00.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyatakan, MAN IC Serpong sebagai yang pertama memang menjadi pusat pilihan siswa. Buktinya, dengan kuota 140 siswa, pelamarnya mencapai 2.330 orang. ”Secara keseluruha­n, pelamar MAN IC tahun ini mencapai 7.582 orang,” ujarnya kemarin.

Data Ditjen Pendidikan Islam Kemenag menunjukka­n, pelamar paling sedikit ada di MAN IC Maluku Utara yang hanya 177 siswa dengan daya tampung 48 siswa baru. Pengumuman kelulusan disampaika­n 10 April nanti.

Kepala MAN IC Serpong Persahini Sidik mengatakan, kuota siswa baru di MAN IC Serpong tahun pelajaran 2017–2018 berjumlah 140 anak. Sedangkan peminat yang mendaftar hingga 2.330 siswa. Angka itu belum menghitung pelamar yang menjadikan MAN IC Serpong sebagai pilihan kedua. Setiap pelamar maksimal berhak memilih dua di antara 20 MAN IC di seluruh Indonesia.

Perempuan yang akrab disapa Peni tersebut menjelaska­n, visi MAN IC adalah mencetak generasi yang unggul di bidang iptek dan imtak (iman dan takwa). Karena itu, perlu dilakukan seleksi yang ketat. Anak yang lolos dituntut memiliki kecerdasan tinggi karena harus mengikuti proses pembelajar­an yang cepat.

Guru biologi itu mengungkap­kan, sekitar 35 persen dari lulusan MAN IC Serpong berkuliah di ITB dan 21 persen di UGM Jogjakarta. (wan/c9/owi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia