Jawa Pos

Waspada Jebakan Kelelawar

-

BARCELONA – Valencia tidak selemah yang diperkirak­an Barcelona. Memperoleh beberapa pemain pinjaman yang berkualita­s di bursa musim dingin lalu membuat klub berlambang kelelawar tersebut terus menggeliat. Meski belum stabil, Valencia sempat mengejutka­n dengan menang 2-1 atas Real Madrid (23/2).

Ingat juga bagaimana Valencia ’’merampok’’ kemenangan atas Barca di depan publik Camp Nou musim lalu. Dua gol Valencia lewat bunuh diri Ivan Rakitic dan Santi Mina membuat Barca harus berjuang keras mengamanka­n takhta La Liga dari kejaran Real sampai akhir musim.

Barca tidak berada dalam posisi nyaman menjelang bentrok versus Valencia dini hari nanti (20/2) di Camp Nou. Setelah cuma dua jornada berada di puncak klasemen, 25 dan 26, Barca harus rela melorot kembali ke posisi runner-up setelah kalah 1-2 di tangan Deportivo La Coruna (13/3).

Entrenador Barca Luis Enrique berkata kepada Marca kemarin (18/3) bahwa Valencia merupakan lawan berat yang bisa meneror lini belakang timnya. Meski pada pertemuan pertama musim ini (22/10) di Stadion Mestalla Barca menang 3-2, hal itu bukan garansi bahwa timnya bakal menang mudah kali ini. ’’Keberadaan (Simone) Zaza dan (Fabian) Orellana membuat Valencia makin bertenaga dan kompleks untuk ditundukka­n. Valencia punya potensi yang mengejutka­n,” tutur Enrique.

Sejak didatangka­n pada musim dingin dengan status pinjaman dari Juventus dan Celta Vigo, Zaza dan Orellana berkontrib­usi tiga gol dan satu assist. Keduanya mengubur Real akhir Februari lalu di Stadion Mestalla.

Pria 46 tahun tersebut juga mengeluhka­n lini belakang Barca yang mudah goyah. Setelah kemenangan bersejarah 6-1 atas Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions (9/3), Barca yang overconfid­ent ditekuk 1-2 oleh La Coruna (13/3). ’’Saya masih menimbangn­imbang opsi terbaik untuk tim. Kami juga melihat (apa) kelemahan lawan,” imbuh Enrique.

Kekalahan di tangan La Coruna menunjukka­n lubang di lini belakang ketika Samuel Umtiti tak hadir. Bek asal Prancis itu memang kukuh dalam memotong bola-bola crossing dan bisa dribbling sehingga penyerang lawan sulit merebut bola darinya.

Nah, Enrique juga melihat seandainya pemain pinjaman mereka di Valencia musim ini, Munir El Haddadi, mendapat jam terbang yang bagus. Jadi, Munir yang bisa kembali ke Barca musim depan jauh lebih matang. Musim ini, pemain 21 tahun tersebut bermain dalam 24 laga dan membuat lima gol plus tiga assist.

Di sisi lain, entrenador Valencia Salvador ’’Voro’’ Gonzalez berkata kepada AS kemarin bahwa skuadnya tak gentar dengan Barca. Yang perlu dilakukan timnya ketika menantang Barca adalah memberikan segalanya di lapangan.

’’Barca sangat berbahaya, apalagi ketika bermain di kandang. Meski timnya sedang tak benar dan pemainnya tidak stabil, Barca tetap tim papan atas La Liga,” tutur pria 53 tahun itu.

Valencia kehilangan tiga pemain menjelang laga ini. Yakni, penyerang Santi Mina, winger Nani, dan gelandang Rodrigo Moreno. (dra/c18/tom)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia