Jawa Pos

Babat Bakau, Bangun Rumah

Kawasan Lindung di Medokan Ayu Dilibas

-

SURABAYA – Pengawasan di kawasan lindung pantai timur Surabaya (pamurbaya) benarbenar lemah. Buktinya, ditemukan lagi puluhan rumah yang berdiri tanpa izin di pamurbaya. Persisnya di Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut.

Di sana banyak rumah yang dibangun di dekat kawasan hutan bakau. Rumah-rumah tersebut berada di kawasan ruang terbuka hijau (RTH). Sebelum meninjau lapangan, Jawa Pos mengecek peta peruntukan di website dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman cipta karya dan tata ruang (DPRKP CKTR). Data tersebut lantas disinkronk­an dengan foto satelit Google Maps. Hasilnya, terlihat bangunan di kawasan RTH dan di permukiman.

Sebagian besar rumah masih dibangun. Namun, sudah ada masyarakat yang mendiami sebagian kawasan tersebut. Padahal, kondisi jalan masih berupa tanah urukan. Selain itu, sebagian petak tanah masih berupa genangan. Pemilik tanah belum membangun rumahnya.

Salah satu warga yang ditemui Jawa Pos menyatakan, pihaknya tidak tahu bahwa tanah yang dibeli merupakan kawasan lindung. Mereka baru tahu beberapa hari belakangan, saat kawasan lindung jadi sorotan media.

’’

Kami wong cilik bisa apa. Harusnya pemerintah mengeluark­an solusi,’’ katanya.

Meski begitu, dia yakin peruntukan bangunanny­a bisa berubah. Sebab, ada seorang anggota DPR yang pernah berjanji bahwa lahan tersebut bisa berubah peruntukan. ’’

Nanti kan JLLT (jalur lintas luar timur) dipindah ke timur. Otomatis akan ada perubahan kan,’’ katanya yakin. Namun, seandainya bangunanny­a ditertibka­n, dia mengatakan bahwa warga tidak akan tinggal diam. Mereka akan menuntut kompensasi yang sepadan.

Di timur perumahan tersebut terdapat banyak tanah yang dikavling. Banyaknya hutan bakau yang tumbuh pun ditebang. Pohon yang berfungsi menahan intrusi air laut itu dihabisi untuk membentuk tanah datar. Banyak kawasan pertambaka­n yang berubah menjadi lapangan. Sudah ada patok-patok penanda. Kabarnya, lahan tersebut sudah laku keras.

Kepala DPRKP CKTR Eri Cahyadi menegaskan, kawasan RTH tidak akan mendapat izin mendirikan bangunan (IMB). Karena itu, kawasan di Medokan Ayu bernasib sama dengan Gunung Anyar Tambak. Sama-sama tidak ’’ akan punya IMB. Kalau terbangun, pasti tidak ada izinnya,’’ ungkapnya.

Satpol PP memberikan surat peringatan kepada 99 rumah di Gunung Anyar Tambak pada 24 Februari lalu. Langkah tersebut diterapkan setelah kawasan itu terbukti berada di zona terlarang ’’ untuk dibangun. Perlakuann­ya sama kayak yang sekarang terbangun (di Gunung Anyar, Red),’’ lanjutnya. (sal/c15/oni)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? SALAH SIAPA: Sebagian bangunan yang berdiri di kawasan lindung pamurbaya Kelurahan Medokan Ayu. Pemkot tidak menerbitka­n IMB untuk bangunan di kawasan pamurbaya.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS SALAH SIAPA: Sebagian bangunan yang berdiri di kawasan lindung pamurbaya Kelurahan Medokan Ayu. Pemkot tidak menerbitka­n IMB untuk bangunan di kawasan pamurbaya.
 ?? GRAFIS: ANDREW WILLY/JAWA POS ??
GRAFIS: ANDREW WILLY/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia