Jawa Pos

Kembangkan Literasi dengan Bagi Buku

-

SURABAYA – Belasan siswa yang bergabung dalam Aliansi Pelajar Surabaya (APS) melakukan gerakan peduli literasi kemarin (18/3). Membawa sekitar tiga ratus keping buku, para siswa tersebut mengunjung­i SD Ahmad Yani dan TBM RT 9, RW 11, Sawentar.

Ratusan buku itu dikemas dalam kardus. Temanya beragam, mulai buku dongeng, fabel, buku bergambar, hingga novel. ’’Buku bergambar dan dongeng kami berikan ke SD Ahmad Yani, sedangkan buku cerita dan novel kami berikan ke TBM Sawentar,’’ jelas Ketua APS Aryo Seno Bagaskoro.

Siswa SMAN 5 tersebut menyatakan, seluruh buku yang disumbangk­an ke SD dan TBM itu dikumpulka­n dari berbagai siswa di Surabaya melalui jaringan komunikasi APS.

Gerakan bagi-bagi buku ke sekolah dan TBM yang membutuhka­n tersebut dilakukan sebagai langkah nyata APS dalam mengembang­kan literasi di Surabaya. Khususnya bagi pelajar agar bisa menikmati bacaan berkualita­s.

Seno mengungkap­kan, selama ini kebutuhan buku, khususnya di sekolah kecil, memang relatif rendah. Umumnya, sekolah sudah memiliki koleksi buku, namun variasinya tak banyak. ’’Karena itu kami bantu agar semakin berkembang,’’ katanya.

Dia berharap gerakan membantu koleksi buku untuk sekolah-sekolah yang membutuhka­n tersebut bisa berlangsun­g konsisten. ’’Semoga pada kegiatan berikutnya jumlah penyumbang buku semakin banyak agar kami bisa membantu lebih banyak sekolah,’’ ujarnya.

Selain membagikan buku, APS menyumbang­kan alat tulis sekolah (ATS) dan beberapa sarpras. (elo/c23/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia