Jawa Pos

Hujan Angin Lagi, Pohon Tumbang Lagi

-

SIDOARJO – Cuaca buruk belum juga berlalu. Termasuk di wilayah Kota Delta. Kemarin siang (18/3) hujan lebat disertai angin kencang kembali merobohkan sejumlah pohon. Di antaranya, pohon kersen di Desa Becirongen­gor, Wonoayu. Untung, tidak ada korban jiwa. Pohon itu menimpa sebuah warung.

Pohon kersen di Becirongen­gor setinggi 4 meter tersebut roboh sekitar pukul 13.00. Angin kencang yang disusul hujan lebat membuat pohon itu ambruk ke arah jalan. Sebuah warung yang tutup pun terdampak. Sebagian atap warung berantakan setelah tertimpa pohon.

Begitu ada pohon yang roboh, warga bergegas membersihk­annya. Apalagi, pohon tumbang itu merintangi jalan. Arus lalu lintas tersendat. Menurut Khusairi, warga RW 3 Becirongen­gor, hujan kemarin siang itu datang secara tibatiba. Awan yang semula cerah mendadak berubah menjadi mendung gelap. ’’Pagi cerah, mendekati siang tiba-tiba langit mulai gelap, terus angine banter (angin kencang, Red),’’ tuturnya.

Hujan deras disertai angin kencang tersebut tidak hanya terjadi di Wonoayu. Angin kencang juga menyapu Sukodono dan Krian. Namun, belum ada laporan terjadi pohon tumbang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Taufik Hermawan menjelaska­n, bulan ini musim hujan masih berlangsun­g. Potensi hujan lebat disertai angin kencang berpeluang terjadi di beberapa daerah di Jatim, termasuk Sidoarjo. Namun, masa puncak musim hujan sudah terlewati. Dalam beberapa pekan ke depan, curah hujan perlahan menurun. ’’Bulan ini merupakan periode akhir musim hujan,’’ jelasnya.

Kendati sebulan ke depan memasuki masa akhir musim hujan, lanjut dia, masyarakat perlu tetap mewaspadai gejala alam yang ekstrem. Perubahan drastis dari cuaca yang semula cerah berubah mendung dan turun hujan berdampak pada munculnya gejala ekstrem. Misalnya, fenomena hujan es yang menimpa Sidoarjo dan Surabaya beberapa waktu lalu. ’’Keadaan yang seperti ini harus diwaspadai karena rawan terjadi puting beliung, bahkan hujan es,’’ imbuhnya.

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? CUACA EKSTREM: Pohon kersen setinggi 4 meter yang tumbang di Becirongen­gor, Wonoayu, kemarin.
JOS RIZAL/JAWA POS CUACA EKSTREM: Pohon kersen setinggi 4 meter yang tumbang di Becirongen­gor, Wonoayu, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia