Jawa Pos

Tukar Guling Lahan Tuntas Tahun Ini

Bangun Parkir Motor Enam Tingkat di RSUD

-

– Rencana tukar guling lahan milik Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) dengan Pemkab Sidoarjo terus dimatangka­n. Lahan seluas 1.700 meter persegi itu berada persis di sebelah gedung UGD RSUD Sidoarjo. Setelah proses tukar guling tuntas, lahan tersebut difungsika­n sebagai area parkir rumah sakit.

’’Kementeria­n PUPR sudah setuju. Tahun ini tukar guling, tahun depan baru dibangun,’’ kata Direktur Utama RSUD dr Atok Irawan SpP kemarin (18/3).

Atok menyampaik­an, lahan parkir di RSUD memang sudah sulit menampung kendaraan pasien dan pengunjung. Jumlah kendaraan roda dua bisa mencapai 2.300 unit dan roda empat 1.050 unit per hari. ’’Makanya, parkir selalu penuh,’’ ujarnya.

Tambahan area parkir seluas 1.700 meter persegi tentu cukup membantu. Sesuai konsep yang sudah disiapkan, tempat parkir baru itu akan dibangun enam tingkat. Kendaraan yang menggunaka­n lahan tersebut khusus roda dua. ’’Kapasitasn­ya bisa menampung 3.000 sepeda motor,’’ jelas Atok.

Mobil tetap menggunaka­n lahan parkir yang lama. Dengan pindahnya sepeda motor ke lahan parkir yang baru, lahan parkir bagi mobil semakin luas. ’’Selain itu, wajah depan RSUD bisa tertata,’’ ujarnya.

Berdasar pengamatan kemarin, lahan parkir roda dua RSUD memang tampak dipenuhi kendaraan. Jumlahnya ratusan. Berderet memanjang di depan gedung utama RSUD hingga gedung UGD. Pengendara yang ingin parkir harus teliti melihat celah kosong atau menunggu pengendara lain yang hendak keluar.

Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Usman mengatakan, lahan parkir RSUD memang sudah tidak layak. ’’Pagi hingga siang penuh sesak,’’ tuturnya. Menurut dia, tiga tahun lalu lahan parkir rumah sakit milik pemkab itu sudah diperluas. Seiring bertambahn­ya penduduk dan pasien yang berobat, persoalan keterbatas­an lahan parkir kembali muncul. Politikus PKB tersebut menegaskan, tukar guling lahan Kementeria­n PUPR dengan lahan pemkab untuk perluasan area parkir merupakan solusi terbaik. (aph/c7/pri)

 ?? ARISKI PRASETYO HADI/JAWA POS ?? TAMBAH RAPAT: Deretan motor memenuhi parkiran RSUD Sidoarjo kemarin. Tahun depan area parkir sepeda motor ini akan direlokasi.
ARISKI PRASETYO HADI/JAWA POS TAMBAH RAPAT: Deretan motor memenuhi parkiran RSUD Sidoarjo kemarin. Tahun depan area parkir sepeda motor ini akan direlokasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia