Jawa Pos

Tambahan Fasilitas Gas Kerek Penjualan Rumah

-

GRESIK – Persebaran permukiman sering kali tidak diimbangi dengan pemenuhan fasilitas kebutuhan rumah tangga. Saat ini pengembang hanya menyediaka­n fasilitas listrik dan air. Belum merambah gas yang juga menjadi kebutuhan rumah tangga.

Di Surabaya dan Sidoarjo, beberapa perumahan dan permukiman sudah menyediaka­n fasilitas tersebut. Peme

nuhan fasilitas itu menjadi daya tarik masyarakat. Mereka berburu wilayah yang tersedia layanan gas di perumahan.

Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Koko Wijayanto menilai fasilitas itu sangat diperlukan. Hingga kini, belum ada gagasan antara pengembang dan perusahaan penyedia gas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. ’’Baik dengan perusahaan milik negara maupun swasta,’’ katanya.

Kebutuhan gas meningkat sejak pemerintah menerapkan kebijakan konversi dari minyak tanah ke gas. Perusahaan gas membuka ja

lur infra- struktur ke perumahan dan permukiman. Banyak rumah tangga yang memasang jasa layanan tersebut.

Koko menyatakan, permukiman dengan fasilitas yang lengkap akan menarik pasar. Masyarakat akan berburu properti di wilayah Gresik. Alasannya, apa yang menjadi kebutuhan mereka sudah tersedia. ’’Masalah ini bisa diatasi apabila pengembang dan perusahaan penyedia jasa gas rumah tangga bekerja sama. Keduanya bisa saling mengisi,’’ terangnya. Apersi memahami peta pertumbuha­n perumahan dan permukiman di Gresik. ’’Peta itu menjadi dasar perusahaan untuk membangun infrastruk­tur,’’ ungkapnya.

Saat perumahan dan permukiman itu berwujud, perusahaan penyedia

jasa gas rumah tangga bisa mena- warkannya ke konsumen. Koko yakin banyak warga yang tertarik untuk memasang gas di rumah. Dengan begitu, perusahaan penyedia layanan gas tidak hanya berfokus pada industri. ’’Rumah tangga juga menjadi pangsa pasar mereka,’’ ujar Koko.

Sebaliknya, pengembang diuntungka­n karena produk perumahan mereka cepat laku. Nilai jual perumahan juga bisa bersaing dan meningkat. ’’Sebab, ada fasilitas tambahan yang belum tentu dimiliki di tempat lain,’’ imbuh dia. (riq/c7/ai)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia