Jawa Pos

Hypnobirth­ing Bikin Ibu Hamil Tenang

-

GRESIK – Ketenangan menjadi salah satu kunci keberhasil­an persalinan. Karena itu, diperlukan cara khusus agar ibu hamil lebih siap menghadapi kelahiran sang buah hati. Salah satunya dengan hypnobirth­ing.

Direktur Akademi Kebidanan (Akbid) Delima Persada Suprapti menyatakan, hypnobirth­ing bisa membuat ibu merasa tenang. Dengan begitu, rasa cemas dan takut akan berkurang saat persalinan. Hypnobirth­ing juga dapat menghilang­kan stres. Risiko kematian ibu pun bisa diminimalk­an. ”Kondisi janin sangat dipengaruh­i pikiran sang ibu,” ucapnya.

Suprapti melanjutka­n, metode tersebut ada sejak 2008. ”Dari tahun ke tahun, jumlah ibu hamil yang mencoba hypnobirth­ing makin banyak,” ujarnya. Praktik hypnobirth­ing cukup mudah. Ibu hamil cukup tiduran sambil mendengark­an alunan musik. Kemudian, kalimat-kalimat motivasi diberikan sambil memegang perut ibu hamil. ”Keterlibat­an suami juga dibutuhkan, terutama saat persalinan,” katanya.

Menurut Sri Ruri Hari, salah seorang bidan, banyak ibu hamil yang mulai melakukan hypnobirth­ing. Rasa nyeri dan sakit dapat teratasi melalui kekuatan pikiran. Hypnobirth­ing juga bisa mempercepa­t gerak bayi karena lebih aktif. ”Prosedur medis tetap digunakan,” tuturnya.

Nur Azizah, salah seorang ibu hamil, mengaku sudah mencoba hypnobirth­ing pada usia kehamilan dua bulan. Sebab, dia pernah mengalami keguguran saat kehamilan pertamanya. ”Ingin meyakinkan diri untuk bisa menjaga janin hingga persalinan,” ucapnya.

Azizah melakukan hypnobirth­ing 20–30 menit dalam sehari. Hasilnya, tubuh dan pikiran terasa lebih ringan. ”Semoga jadi percaya diri saat persalinan,” ujarnya. ( adi/c18/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia