Jawa Pos

Membeludak sampai 6 Ribu Peserta

Parade Sepeda Tua Nusantara Berlangsun­g Meriah

-

KEDIRI – Ada pemandanga­n yang tak biasa di Kabupaten Kediri kemarin (19/3). Sejak pukul 06.00, area Terminal Simpang Lima Gumul dipenuhi para pencinta sepeda tua. Lokasi tersebut mendadak berubah menjadi suasana tempo dulu.

Lebih dari 6.000 peserta mengikuti parade sepeda tua Nusantara yang digelar Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti). Para pencinta sepeda tua datang dari berbagai daerah di penjuru tanah air. Mereka tampil dengan berbagai kostum unik dan menarik dalam acara tersebut.

Mulai peserta yang berkostum pahlawan era revolusi kemerdekaa­n, tentara Belanda, kostum tradisiona­l Jogjakarta, suku Indian, suku Dayak, hingga tokoh pewa- yangan. Tak lupa beragam bentuk sepeda onthel menemani mereka.

’’Peserta dari luar Jawa cukup banyak. Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali, dan lainnya juga berpartisi­pasi,’’ ucap Poetoet Soedarjant­o, humas Kosti Pusat, kepada Jawa Pos kemarin.

Start parade sendiri dimulai pukul 07.00. Peserta parade melakukan gowes mengelilin­gi Kabupaten Kediri dan menempuh jarak kurang lebih 15 km. Mereka melewati Monumen Simpang Lima Gumul yang menjadi ikon Kabupaten Kediri.

Beberapa peserta yang tak ingin melewatkan kesempatan melintasi monumen yang mirip dengan Arc de Triomphe yang berada di Paris tersebut. Mereka juga menyempatk­an diri untuk ber-selfie di bangunan itu.

Peserta kemudian bergerak menuju kantor Pemkab Kediri, lalu ke daerah Tepus dan Dlopo. Warga sekitar di sepanjang per- jalanan tak mau ketinggala­n menyaksika­n iring-iringan sepeda tua yang merupakan momen yang jarang mereka lihat tersebut.

Presiden Internatio­nal Veteran Cycle Associatio­n (IVCA) Dirk Van Luchem dari Belgia juga turut hadir dalam acara tersebut. Bersama mantan Presiden IVCA Glen Norcliffe dari Kanada, Van Luchem bahkan juga ikut gowes bersama para peserta. ’’ It’s amazing and well organized. Rute flat- nya seperti di Belgia, pemandanga­nnya bagus sekali. Kostum peserta juga sangat unik dan beragam,’’ katanya.

’’Peserta melampaui ekspektasi kami,’’ kata koordinato­r panitia Muji Harjita. Dia menyebut acara parade berlangsun­g sukses. Muji mengungkap­kan, panitia mencetak 6.000 tiket yang ludes terjual. Namun, dalam kenyataann­ya, banyak dari peserta yang ikut parade tanpa tiket dan nomor peserta. (nes/c17/nur)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ANTUSIAS: Para peserta Parade Sepeda Tua Nusantara berkumpul di kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, yang menjadi titik start, kemarin (19/3).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ANTUSIAS: Para peserta Parade Sepeda Tua Nusantara berkumpul di kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, yang menjadi titik start, kemarin (19/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia