Jawa Pos

Menelikung di Laga Akhir

Tim Putra BNI ke Final Four

-

MALANG – Persaingan ketat pada seri reguler Proliga 2017 berujung hasil yang sedikit di luar dugaan di puncak klasemen putra dan putri. Dua tim yang pada seri pertama hanya menjadi bayang-bayang pemuncak klasemen mengakhiri putaran kedua dengan duduk di posisi teratas. Dua tim tersebut tak lain Palembang Bank SumselBabe­l di kelompok putra dan Jakarta Pertamina Energi di sektor putri.

Kini empat tim terbaik akhirnya memasuki fase yang lebih menegangka­n, final four yang akan diselengga­rakan di Solo (7/4) dan Bandung (14/4). Sektor putra diprediksi menyajikan pertanding­an bertensi tinggi. Sebab, empat tim yang lolos ke final four terlibat persaingan sengit sejak putaran pertama dibuka di Malang (27/1).

Pada hari terakhir putaran kedua kemarin, Palembang Bank SumselBabe­l memastikan diri sebagai pemuncak klasemen. Tim itu meraihnya setelah mengalahka­n Jakarta Elektrik PLN dengan skor 3-0 (25-17, 25-23, dan 25-23). Dengan hasil tersebut, tim asuhan Samsul Jais itu membukukan 23 poin dari 8 kemenangan. Selain itu, Bank SumselBabe­l berhak mendapat uang pembinaan Rp 15 juta dari Proliga. ”Ini berkat kerja keras tim. Modal yang bagus bagi kami untuk final four,” ujar Samsul.

Di posisi kedua, Surabaya Bhayang- kara Samator menyusul dengan menorehkan 22 poin dari 8 kemenangan. Di peringkat ketiga, Jakarta Pertamina Energi muncul dengan mengoleksi 21 poin dari 7 kemenangan.

Nah, satu tiket final four yang tersisa berhasil direbut Jakarta BNI Taplus kemarin. Meski kalah telak oleh Surabaya Bhayangkar­a Samator dengan skor 0-3 (21-25, 21-25, dan 24-26), BNI masih terbantu kemenangan Bank SumselBabe­l atas Elektrik. Elektrik yang menjadi rival BNI karena sama-sama mengemas tiga kemenangan tidak mampu mengejar perolehan BNI karena hanya meraih 8 poin. Berselisih jauh dengan BNI yang mengemas 12 poin.

Meski sudah dipastikan lolos, Samator tetap menampilka­n permainan menyerang dalam laga kemarin. Pelatih Samator Ibarsjah Djanu Tjahyono menjelaska­n bahwa dirinya memang tidak meng- anggap remeh lawan. Selain itu, Ibarsjah melakukan rotasi pemain sebagai strategi untuk menghadapi pertanding­an kemarin. ”Kuncinya, kami bermain lebih tenang hari ini (kemarin, Red),” jelas Ibarsjah.

Di sisi lain, pelatih BNI Loudryan Maspaitell­a menuturkan bahwa kekalahan kemarin tidak menjadi masalah bagi timnya. Dia mengatakan, yang menjadi masalah adalah mental bertanding Didi Irwadi dkk. Loudry mengungkap­kan, setelah mengetahui BNI lolos ke final four, para pemainnya tidak fokus dalam menghadapi pertanding­an. Hasilnya, mereka bermain seadanya. ”Seharusnya itu tidak boleh. Dengan begitu, kami tidak bisa mengevalua­si kelemahan tim,” jelas Loudry.

Sementara itu, di sektor putri Jakarta Pertamina Energi didaulat sebagai juara grup dengan perolehan 31 poin dari 10 kemenangan. Sama dengan Palembang Bank SumselBabe­l di sektor putra, Pertamina juga mendapatka­n uang pembinaan Rp 15 juta.

Pertamina membuka lebar peluang tersebut sejak sehari sebelumnya. Penyebabny­a, tak lain, kekalahan 0-3 yang diderita Elektrik dari Gresik Petrokimia. Meski kemarin Elektrik menang 3-1 (25-20, 25-16, 23-25, dan 25-19) atas Jakarta PGN Popsivo Polwan, itu belum cukup. Sebab, Pertamina dalam laga sebelumnya sudah menang 3-0 (25-13, 25-8, dan 25-10) atas Batam Sindo BVN. Pertamina dan Elektrik pun sama-sama mengoleksi 12 kemenangan. Tapi, Elektrik lebih unggul dalam poin. (tif/c11/ady)

 ?? GUEST GESANG/MALANG POST-JPG ?? KEJUTAN MANIS: Tim putra Palembang Bank SumselBabe­l berpose bersama setelah memastikan diri menjadi juara putaran kedua Proliga 2017.
GUEST GESANG/MALANG POST-JPG KEJUTAN MANIS: Tim putra Palembang Bank SumselBabe­l berpose bersama setelah memastikan diri menjadi juara putaran kedua Proliga 2017.
 ?? GUEST GESANG/MALANG POST-JPG ?? UNGGUL TIPIS: Tim putri Jakarta Pertamina Energi merayakan keberhasil­an meraih posisi teratas klasemen putri.
GUEST GESANG/MALANG POST-JPG UNGGUL TIPIS: Tim putri Jakarta Pertamina Energi merayakan keberhasil­an meraih posisi teratas klasemen putri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia