Jawa Pos

37-0 untuk GGG

-

NEW YORK – Jab kiri disambung dua hook kanan dari Gennady Golovkin membuat Daniel Jacobs tersungkur di atas kanvas saat ronde keempat tersisa 2 menit 27 detik. Tapi, pertarunga­n ternyata masih panjang. Tidak berhenti sampai di situ.

Jacobs langsung berdiri gesit. Di Madison Square Garden, petinju 30 tahun tersebut kemarin menunjukka­n bahwa dirinya bukan lawan sembaranga­n. Golovkin pun tak mampu membuatnya kalah KO sebagaiman­a petinju Kazakhstan tersebut menaklukka­n 23 lawan terakhirny­a secara beruntun.

Petinju asal Brooklyn itu mampu bertahan, bahkan menyerang balik dengan tidak kalah sengit. Dia membuat GGG –julukan Golovkin– bertarung untuk kali pertama sampai 12 ronde sepanjang karir.

Meski akhirnya tetap menang, kali ini Golovkin hanya menang angka mutlak. ’’Aku sangat menghormat­i Daniel Jacobs. Dia sangat tangguh, melakukan tugas dengan sangat baik dan bersih,’’ ucap Golovkin setelah laga sebagaiman­a dilansir ESPN.

Sebanyak 19.939 penonton yang memadati Madison Square Garden kemarin menjadi saksi apiknya pertarunga­n dua petinju terbaik kelas menengah tersebut. GGG maupun Jacobs bertarung secara terbuka. Saling serang tanpa banyak menunggu.

Golovkin akhirnya mempertaha­nkan sabuk juara dunia kelas menengah WBA, IBF, IBO, dan WBC miliknya setelah seluruh juri memberi dia keunggulan poin.

Kini dia belum terkalahka­n dengan rekor 37-0 (33 KO). ’’Aku butuh kemenangan angka seperti ini,’’ ujar Golovkin. ’’Aku tidak memikirkan bertarung sampai 12 ronde. Aku hanya ingin pertarunga­n yang berkualita­s. Dan Daniel memberi itu,’’ tambahnya.

Jacobs menyatakan tidak puas dengan hasil tersebut. Dia merasa layak menang. Terutama di paro akhir pertarunga­n, dia tampak lebih banyak mengambil inisitaif serangan. ’’Aku kira, aku layak menang. Yang bisa aku lakukan saat ini adalah mengasihan­i keputusan itu,’’ ucapnya sengit. (irr/c19/nur)

 ?? AL BELLO/AFP ?? TUMBANG: Gennady Golovkin menjatuhka­n Daniel Jacobs pada ronde keempat dalam pertarunga­n di Madison Square Garden (19/3).
AL BELLO/AFP TUMBANG: Gennady Golovkin menjatuhka­n Daniel Jacobs pada ronde keempat dalam pertarunga­n di Madison Square Garden (19/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia