Jawa Pos

Tiket Mudik Masih Sepi Pemesan

-

SURABAYA – Pemesanan dan pembelian tiket kereta api untuk Idul Fitri 2017 dimulai sejak 17 Maret 2017. Tanggal tersebut lebih cepat daripada jadwal penjualan semula, yakni hari ini (20/3). Hal itu dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasiona­l 8 untuk mengantisi­pasi ledakan penumpang.

Meski sudah tiga hari berjalan, hingga kemarin Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmok­o belum memastikan jumlah tiket yang terjual. Namun, berdasar pantauan sekilas, belum banyak warga yang membeli tiket. ’’Masih sisa banyak sekali,’’ ujarnya.

Menurut Gatut, hal tersebut umumnya disebabkan jadwal keberangka­tan yang masih jauh. Warga pun cenderung belum meren canakan perjalanan pulang kampung secara matang sehingga belum bisa memutuskan mau membeli tiket kereta api atau tidak.

Gatut khawatir nanti warga berbondong-bondong menyerbu loket penjualan tiket pada saat yang bersamaan dan mepet dengan tanggal keberangka­tan. ’’Padahal, itu bisa menyebabka­n server jadi lemot sehingga pelayanan jadi kurang maksimal,’’ paparnya.

Pihak PT KAI memang bertanggun­g jawab dalam mengondisi­kan layanan online agar dapat terus berjalan maksimal. Namun, dibutuhkan pula kerja sama dari calon penumpang. Untuk itu, Gatut mengharapk­an warga merencanak­an perjalanan secepatnya. Dilarang menunggu hingga hari H mendekat. ’’Kalau sudah punya jadwal yang pasti, segera pesan sebelum kehabisan,’’ imbuhnya.

Pemesanan dan pembelian tiket kereta api bisa dilakukan di beberapa tempat. Bukan hanya stasiun, warga juga bisa membeli tiket di agen penjualan eksternal seperti minimarket, pegadaian, dan kantor pos. ’’Warga juga bisa menggunaka­n aplikasi KAI Access agar lebih praktis,’’ katanya. (deb/c19/git)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? BELUM MEMBELUDAK: Meski dibuka sejak 17 Maret, pemesanan dan pembelian tiket KA Idul Fitri di Stasiun Gubeng masih normal.
GHOFUUR EKA/JAWA POS BELUM MEMBELUDAK: Meski dibuka sejak 17 Maret, pemesanan dan pembelian tiket KA Idul Fitri di Stasiun Gubeng masih normal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia