Jawa Pos

Dua Sayap Berganti Kepemimpin­an

-

SURABAYA – Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Jatim mengadakan musyawarah wilayah (muswil) ke-7 hari ini (20/3). Selain menegaskan kembali peran untuk mengawal NKRI, organisasi yang didirikan pada 1959 tersebut melakukan beberapa rotasi kepemimpin­an.

Dua sayap di dalam MPW, yakni Srikandi PP Jatim dan Satuan Pelajar PP Jatim, akan berganti kepemimpin­an melalui mekanisme musyawarah yang akan berlangsun­g seharian penuh. Muswil dibuka pada pukul 09.00 dan berakhir pukul 20.00.

Sekretaris Steering Committee (SC) Muswil Ke-7 Muhammad Alyas mengatakan, musyawarah akan diikuti masing-masing tiga orang dari perwakilan majelis pimpinan cabang (MPC) dari 38 kabupaten/kota seluruh Jatim. ’’Baik Srikandi maupun Satuan Pelajar akan diwakili masing-masing tiga orang dari tiap MPC,’’ katanya.

Menurut jadwal, muswil dihadiri langsung oleh Japto Soerjosoem­arno, ketua Majelis Pimpinan Pusat (MPN) Pemuda Pancasila. Marini Soerjosoem­arno, ketua Pimpinan Nasional Srikandi PP, juga hadir dan memimpin serah terima jabatan Srikandi PP Jatim.

Dalam muswil ke-7 tersebut, Alyas menyatakan bahwa Pemuda Pancasila Jatim akan mempertega­s perannya dalam menjaga keutuhan NKRI. Dua sektor, yakni Satuan Pelajar dan Srikandi, merupakan ujung tombak yang strategis untuk mewujudkan hal tersebut. ’’Tema kami adalah PP menjadi perekat dan pemersatu NKRI lewat kekuatan kaum muda dan partisipas­i perempuan,’’ katanya.

Pembanguna­n nasional maupun Jatim, lanjut Alyas, harus dimulai dengan membangun pemuda dan kaum perempuan dengan karakter yang tangguh. Karena itu, Srikandi PP dibentuk untuk membangun peran perempuan. ’’Keikutsert­aaan perempuan dalam pembanguna­n ini ada pada berbagai bidang, baik sosial, ekonomi, maupun budaya,’’ tuturnya.

Nanti, setelah terpilih, komposisi Srikandi PP yang baru ditugasi untuk mendorong pembanguna­n wilayah dan pemberdaya­an perempuan di masing-masing daerah MPC. ’’Mereka harus bisa menjadi bagian yang integral dari upaya perempuan di Jatim untuk bangkit dan berperan,’’ terangnya. (tau/c7/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia