Jawa Pos

Tanam Pohon Sambut Hari Air Sedunia

-

SURABAYA – Memperinga­ti Hari Air Sedunia pada Rabu (22/3), mahasiswa pencinta alam Wanala Universita­s Airlangga (Unair) mengadakan aksi tanam 400 pohon kemarin (19/3). Kegiatan tersebut mengajak ratusan siswa, masyarakat umum, dan organisasi pencinta alam dari berbagai kampus untuk peduli terhadap lingkungan.

Menenteng bibit pohon jambu biji, Abimanyu Bisma bersemanga­t menanam pohon setinggi setengah meter itu. Dengan tangan kecilnya, Abim, sapaan akrabnya, membersihk­an ceruk lubang yang sudah dibuat panitia.

Bibit tersebut lantas dibenamkan. Perlahan, sambil mengambil beberapa kepal tanah, Abim mulai menimbun bibit itu. ’’Ayo Abim, tanahnya dipadatkan. Biar pohonnya tak goyang,’’ kata Riko Pramudya, sang ayah, yang ada di sampingnya.

Abim tidak sendiri. Di halaman belakang Kampus C Unair ratusan orang dari berbagai usia bergerombo­l membentuk lingkaran. Mereka tampak giat menanam bibit pohon.

Ketua Umum Wanala Unair Gangga Pamadya Bagaskara menyatakan, kegiatan tanam pohon itu bertujuan meningkatk­an kepedulian masyarakat di bidang lingkungan. Tujuannya, membuat aksi nyata memperbaik­i lingkungan.

Ada tiga jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut. Yakni, pohon sengon, jambu biji, dan sirsak. Dominasi pohon buah dipilih agar bisa memberikan manfaat ganda bagi masyarakat saat sudah tumbuh besar. ’’Selain bisa menjaga lingkungan, buahnya bisa dimakan,’’ papar mahasiswa manajemen itu.

Selain di kampus, selama setahun mendatang Wanala Unair mengadakan aksi tanam pohon di beberapa lokasi. Di antaranya, di kawasan Gunung Penanggung­an dan Wonosari di Malang. ’’Total kami akan tanam lima ribu pohon tahun ini,’’ ungkapnya. (elo/c15/jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia