Jawa Pos

Urusan Dagangan Di-Handle Sore Hari

-

MERINTIS bisnis dengan omzet puluhan juta tidak membuat Belinda Novita Utomo meninggalk­an pendidikan. Menurut dia, ilmu tetap penting untuk menunjang masa depan. Apalagi, dia juga melanjutka­n studi di jurusan manajemen bisnis.

Mata kuliah yang didapat di Universita­s Narotama tersebut banyak membantu kelancaran bisnis tas yang dijalankan. Misalnya, mengenai strategi pemasaran, iklan, dan pengaturan keuangan. Hal tersebut membantu Belinda untuk meminimalk­an kerugian karena faktorfakt­or tertentu.

Untuk menarik minat pembeli, Belinda berusaha meng- update barang daganganny­a dengan model-model baru. Sementara itu, produk lama dijual dengan diskon. ” Jadi, barang tidak menumpuk terlalu lama,” terang mahasiswa semester enam tersebut.

Beberapa tas juga pernah dipakai sendiri. Tujuannya, sebagai promosi. Belinda berupaya menjaga kepuasan customer. ”Kalau puas, mereka nanti merekomend­asikan produkku kepada teman-temannya. Promosi gratis, hehehe,” ungkapnya.

Orang tua Belinda mendukung usaha yang dilakukan buah hatinya itu. Mereka menyemanga­ti ketika anak keduanya tersebut patah semangat. Namun, sang mama, Sutikah Suhartini, berpesan agar Belinda tetap mencari pekerjaan lain. ”Kalau bisa kerja, bisnis juga jalan,” tutur penyuka warna marun itu.

Dia berupaya selalu menyeimban­gkan antara kuliah dan bisnis. Pagi hingga siang, dia biasanya berkuliah. Saat sore, dia mengurus barang dagangan dan toko. Saat malam, Belinda mengerjaka­n tugas-tugas. Sampai sekarang, dia enjoy mengerjaka­n semua itu.

Untuk penjualan online, dia mempekerja­kan seorang admin. Tugasnya meng- upload produk-produk baru dan melayani pertanyaan serta pesanan customer. Belinda juga bisa menerima pesanan, tapi dilayani setelah jam kuliahnya berakhir. (ant/c16/jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia