Jawa Pos

Kombinasik­an Yoga dengan Aerobik

-

SIDOARJO – Mempraktik­kan yoga merupakan tantangan tersendiri bagi Vany Fitri. Bagi dia, latihan meditasi tersebut susah-susah gampang. Sebab, model cantik asal Kota Delta itu harus berkonsent­rasi penuh saat berlatih.

’’Padahal, aku ini orangnya nggak bisa diam,’’ ujarnya, lantas tertawa lepas kemarin (19/3). Namun, melihat sang mama sangat meminati yoga, dara 20 tahun tersebut pun tertarik. ’’Yoga bisa membentuk tubuh dan menjaga kecantikan. Pas seminar kecantikan sama dokter juga dibilang begitu, langsung deh ikut,’’ tutur Vany

Dalam seminggu, penyandang gelar Yuk Sidoarjo 2015 tersebut rutin berlatih yoga dua kali. Senin dan Rabu. Nah, untuk menghindar­i kebosanan, Vany punya trik tersendiri. ’’Mixed sama olahraga lain,’’ katanya. Vany yang bakal maju sebagai wakil Kabupaten Sidoarjo dalam ajang pemilihan Raka-Raki Jatim 2017 itu memadukan yoga dengan senam aerobik. Maksudnya, setelah senam aerobik, Vany berlanjut dengan latihan yoga.

’’Kalau aerobik, aku suka banget. Musiknya nge-beat, bikin aku semangat. Nah, kalau yoga bikin aku rileks cantik,’’ ungkap Vany. Dia mengatakan paling suka dengan pose yoga bernama triangle, camel, dan bow pose. Selain tidak terlalu sulit, jika dilakukan dengan posisi sempurna, pose tersebut bisa merelaksas­i otot-otot.

Menurut Vany, Yoga tidak semata-mata tentang melenturka­n sendi-sendi tubuh, otot, dan peregangan. Yoga adalah kombinasi dari pose yang berbedabed­a, pola pernapasan, dan meditasi. ’’Makanya bisa menghilang­kan stres. Kulit pun tetap sehat,’’ paparnya.

Dengan kombinasi aerobik dan yoga yang dilakoni, daya tahan tubuh Vany selalu prima. Kesibukan kuliah, menjadi duta wisata, hingga aktivitas modeling tidak membuatnya gampang loyo. ’’Aku suka banget pose-pose yoga karena bisa mengurangi lemak. Untuk aerobik melatih jantung. Soalnya, aku makannya banyak,’’ paparnya.

Dia lantas memperagak­an posisi triangle, salah satu pose yoga. Tubuh tidak perlu dipaksakan untuk turun menyamping ke bawah dan memegang jari kaki. Gunakan saja otot perut untuk menyangga tubuh agar posisi bisa stabil. Setelah itu, buka daerah dada sehingga bisa bernapas dengan lega.

Karena triangle pose adalah side bend atau menyamping, Vany mencontohk­an tekukan badan ke samping. ’’Jangan memaksakan tubuh menekuk melebihi kemampuann­ya,’’ ucapnya. (via/c15/pri)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia