Jawa Pos

Ratusan Siswa Ramaikan Kompetisi Al Banjari

-

SIDOARJO – Saat melintas di Jalan Bhayangkar­i, Porong, banyak pengguna jalan yang menengok ke halaman SMA Kemala Bhayangkar­i 3 Porong kemarin (19/3)

Suara kencang alunan musik al banjari dari halaman sekolah menarik perhatian. Apalagi, umbul-umbul warna-warni yang terpasang di pinggir jalan terlihat mencolok.

Kemarin SMA Kemala Bhayangkar­i 3 Porong mengadakan Festival Kompetisi Banjari 2017. Pesertanya berasal dari SMP/MTs dan SMA/ MA di Jawa Timur. Total ada 51 tim. Perinciann­ya, 14 tim tingkat SMP/MTs dan sisanya tingkat SMA/MA. ”Kami gelar sehari penuh biar terlihat meriahnya, ratusan orang datang bersamaan,” ujar Waka Kesiswaan SMA Kemala Bhayangkar­i 3 Porong Sutrisno.

Tak heran, di ruang kelas, halaman belakang, dan halaman masjid ramai dengan peserta. Mereka berkumpul untuk berlatih atau sekadar mengobrol dengan timtim lain. Tujuannya, memperbany­ak kenalan. ”Ini pertama digelar di sini dan alhamdulil­lah ramai, rencananya jadi acara tahunan nanti,” kata Sutrisno.

Salah seorang juri, Richi Ledi Apriyanto, menyebutka­n, dalam kompetisi kali ini, banyak tim yang sudah berpengala­man. Muncul variasi-variasi baru dalam ketukan alat musiknya. Penyanyiny­a pun sudah sangat paham nada. ” Update lagu-lagu baru juga,” ujarnya.

Pengucapan lagu sudah terbilang fasih. Makhrajnya sudah benar. ”Kalau nggak sering latihan, ya nanti terdengar nggak pas. Tapi, anak-anak ini sudah sangat bagus,” komentarny­a.

Bahkan, peserta terbilang kreatif menyanyika­n jingle dengan tambahan acapela. Lirik yang mereka buat juga berima. Misalnya, penampilan tim asal MTs Mamba’ul Hikam, Tanggulang­in. Jingle- nya berhasil memikat hati penonton. ” Jingle- nya harus yang menjelaska­n kompetisi hari ini (kemarin, Red), ide mereka unik-unik,” ucap Richi.

”Beberapa hari saja kami buat jingle itu,” kata Ulifiyah Riska Ilhami, salah seorang anggota tim al banjari dari MTs Mamba’ul Hikam. Menurut Ulifiyah, hal itu tidak sulit karena mereka rutin berlatih. ”Suka juga musiknya sekalian bisa belajar bahasa Arab,” jelas siswi yang kemarin membawakan lagu berjudul Habibi ya Muhammad bersama timnya itu. ( uzi/c7/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia