Jawa Pos

Kuatkan Jaringan UMKM di Seluruh Daerah

-

SIDOARJO – Masyarakat membanjiri halaman Kampus 1 Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida). Mereka datang untuk mengikuti agenda pengajian akbar bersama Ustad Bachtiar Nasir. Tema Jihad Ekonomi untuk Umat menjadi bahasan pengajian progresif kemarin (19/3). Yang ditekankan adalah pentingnya bahumembah­u dalam memajukan ekonomi Indonesia. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan bisa menjadi tonggak kemajuan.

Pengajian tersebut dimulai pukul 09.00, tepat setelah Ustad Bachtiar Nasir datang. Mengenakan kemeja putih polos dan kopiah hitam, Bachtiar terlihat fresh dan bersemanga­t. Dia mengatakan bahwa tema yang diusung dalam pengajian itu, Jihad Ekonomi untuk Umat, adalah bahasan yang tepat. ’’Ini penting untuk ditanamkan pada saudara-saudara muslim,” katanya.

Menurut dia, saat ini yang disoroti sebenarnya adalah ketidakadi­lan ekonomi yang makin hidup subur di tanah air. Karena itu, Bachtiar ingin menyebarka­n paradigma bahwa muslim Indonesia tidak perlu membangkan­g kepada negara, malah harus memperjuan­gkan kemajuan negara. Salah satu caranya adalah memperkuat jaringan antara UMKM satu dan yang lain di setiap daerah. ’’Buat UMKM saling terhubung dan berdaya guna supaya ketertingg­alan bisa dikejar,” katanya.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Sidoarjo Saidati Zubaidah mengatakan, Bachtiar Nasir menyampaik­an apa yang ada dalam benak organisasi­nya. ’’Satu visi. Pas sekali. Jadi, bagaimana silaturahm­i dalam hal ekonomi ini bisa menjadi bentuk jihad ekonomi para muslim,” ujarnya saat ditemui setelah acara. Menurut dia, Aisyiyah ingin membangkit­kan kembali perekonomi­an masyarakat, terutama kaum muslim, agar tidak terinjak-injak oleh negara lain.

’’Nanti kami melaksanak­an pembinaan dan pelatihan yang terorganis­asi buat UMKM. Lalu, kami link- kan satu sama lain,” imbuhnya. Perempuan yang juga ketua Koperasi As Sakinah, Sidoarjo, itu yakin bahwa dengan networking, kemajuan ekonomi buat masyarakat pribumi akan dicapai. Koperasi yang digawangin­ya juga bakal menjadi proyek percontoha­n karena asetnya sudah cukup besar. ’’Silaturahm­i kuat, rezeki mengalir,” katanya. (via/c7/dio)

 ??  ?? PERKUAT EKONOMI MUSLIMIN: Bachtiar Nasir di pengajian akbar yang bertema Kerja Sama Strategi Ekonomi Syariah di Umsida kemarin (19/3). ARYA DHITYA/JAWA POS
PERKUAT EKONOMI MUSLIMIN: Bachtiar Nasir di pengajian akbar yang bertema Kerja Sama Strategi Ekonomi Syariah di Umsida kemarin (19/3). ARYA DHITYA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia