Jawa Pos

Kerja Sama Kuatkan Koperasi

-

GRESIK – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Gresik mendorong koperasi kecil kategori C untuk meningkatk­an kinerja. Ada dua cara yang mudah. Yakni, menambah simpanan anggota dan menjalin kerja sama antarkoper­asi. Langkah itu akan mampu mengatasi kekurangan modal yang sering dikeluhkan koperasi kecil.

Ketua Dekopinda Gresik Sudigno menyatakan, modal koperasi berasal dari simpanan anggota. Simpanan perlu ditingkatk­an agar modal koperasi bertambah. Baik simpanan wajib, simpanan sukarela, maupun simpanan berjangka. Dengan begitu, permodalan koperasi akan meningkat. ”Itu langkah paling mudah,” katanya.

Ada saran lain dekopinda. Tiaptiap koperasi harus saling menguatkan. Yakni, menyusun kerja sama dalam mengembang­kan usahanya. Kerja sama itu bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk. Dengan begitu, kegiatan usaha koperasi lebih luas dan kompleks.

Sebelumnya, Dinas Koperasi UMKM Perindustr­ian dan Perdaganga­n menyebut 1196 koperasi di Gresik masuk kategori C. Mereka merupakan koperasi kecil.

Ketua Asosiasi UKM Mamin Gading Emas Indah Suryaningr­um yang juga aktivis koperasi mengakui bahwa permodalan menjadi kendala. Kegiatan simpan pinjam juga lamban. Salah satu penyebabny­a, pelaku UMKM memilih pinjam uang di bank daripada koperasi. ”Kami berupaya mengajak mereka untuk mengubah pola pikir itu. Meminjam di koperasi lebih nyaman dan menguntung­kan,” katanya. (riq/c24/roz)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia