Jawa Pos

PPATK Ikut Kawal Pilkada

-

JAKARTA – Pilkada serentak tahun ini belum sepenuhnya tuntas. Guna memastikan tidak terjadi praktik curang, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) turut serta mengawasi aliran dana yang digunakan setiap pasangan calon (paslon).

Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin menyatakan, PPATK sudah menandatan­gani nota kesepahama­n (MoU) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lembaga negara yang berfokus mencegah dan menelusuri tindak pidana pencucian uang (TPPU) itu memang mengusung mandat khusus selama pilkada serentak. ”Paslon dan tim sukses paslon juga kami pantau (transaksi keuanganny­a, Red),” ujar Kiagus saat ditemui di gedung Kemenko Polhukam kemarin (20/3).

Pengawasan oleh PPATK berlangsun­g sejak awal sampai pilkada serentak selesai. Terutama jika mendapat laporan dari KPU dan Bawaslu. Tapi, hingga kemarin belum ada laporan khusus terkait dugaan transaksi mencurigak­an yang disampaika­n KPU maupun Bawaslu ke PPATK. ” Tapi, pengawasan tetap kami lakukan,” katanya.

Menurut Kiagus, ada banyak modus TPPU. Termasuk di antaranya dalam pelaksanaa­n pilkada. Karena itu, pengawasan tidak berhenti dilakukan. ”Yang namanya pelaku tindak pidana selalu mengembang­kan modus,” ucap Kiagus.

Mereka terus melakukan berbagai cara guna mengelabui pengawasan. Karena itu, pengawas harus lebih jeli. Kiagus menegaskan, pihaknya mengawasi segala sesuatu yang dianggap perlu mendapat pengawasan. Misalnya pelanggara­n aturan dan ketidakpat­utan aliran dana. Sumbangan kampanye dari perseorang­an maupun perusahaan menjadi salah satu objek pengawasan.

” Nyumbang itu ada batasnya. Kalau sampai (jumlahnya) berlipat jauh, pasti kami laporkan,” jelasnya. Kerja sama PPATK dengan KPU dan Bawaslu itu berlaku untuk jangka panjang. Bukan hanya saat pilkada serentak tahun ini. Tapi juga pilkada serentak tahun depan.

Peneliti Perkumpula­n untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil menjelaska­n, keputusan KPU dan Bawaslu menggaet PPATK sangat positif. ”Kerja sama dengan PPATK adalah langkah ideal,” ujarnya. (syn/c9/owi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia