Jawa Pos

Pelindo III Longgarkan Implementa­si Green Port

-

SURABAYA – PT Pelindo III melonggark­an ketentuan terkait dengan implementa­si green port atau pelabuhan ramah lingkungan yang diberlakuk­an di Terminal Teluk Lamong. Jika sebelumnya hanya truk berbahan bakar gas yang boleh masuk, kini truk berbahan bakar solar pun bisa mendapatka­n akses.

Direktur Teknik Terminal Teluk Lamong Robby Dayoh menyatakan, belum semua truk pengguna jasa berbahan bakar gas. Karena itu, ketika green port itu diterapkan, perseroan harus menyiapkan penanganan khusus untuk operasiona­l di dalam terminal.

Ketika semua truk harus berbahan bakar gas, Pelindo III mengalokas­ikan subsidi khusus. ’’Sekarang kami merasa sudah waktunya melakukan mix dalam rangka efisiensi di internal,’’ ujarnya di Surabaya kemarin (20/3). Meski demikian, pihaknya menegaskan bahwa tingkat emisi gas buang dari truk yang beroperasi harus sesuai dengan standar Euro 4.

Kebijakan tersebut disosialis­asikan sejak tahun lalu dan resmi berlaku sejak September 2016. Truk ber-BBM harus melakukan registrasi dan wajib memenuhi standar emisi gas buang Euro 4. Hingga sekarang, registrasi terus berlangsun­g. ’’Sudah ada 5 ribu truk yang teregistra­si. Kami timbang, catat pelat nomor dan pemilik di dalam sistem,’’ jelasnya.

Bagi truk yang belum memenuhi standar Euro 4, pihaknya juga sudah menyiapkan 70 truk yang pekerjaann­ya terbagi dalam zonasi. Jadi, dari lapangan penumpukan, truk berbahan bakar gas dan elektrik melewati gate dan menuju ke dermaga khusus. Truk berbahan bakar nongas hanya boleh sampai lapangan penumpukan.

Menko Bidang Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan menjelaska­n, konsep green port mengharusk­an penggunaan perangkat berteknolo­gi tinggi. Tetapi, di sisi lain, masalah biaya harus menjadi perhatian. (res/c14/sof)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? ADAPTIF: Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak (dua dari kiri), Gubernur Jatim Soekarwo (tiga dari kiri), dan Menko Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan (dua dari kanan) meninjau Terminal Teluk Lamong di Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS ADAPTIF: Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak (dua dari kiri), Gubernur Jatim Soekarwo (tiga dari kiri), dan Menko Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan (dua dari kanan) meninjau Terminal Teluk Lamong di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia