Jawa Pos

Film dan Buku Hilangkan Gugup

-

DI balik kesibukann­ya sebagai nakhoda di Triputra Agro Persada, Arif tidak kehilangan momen untuk melakukan kegemarann­ya. Pria yang memperoleh gelar bachelor of science dan master of engineerin­g in operations research and industrial engineerin­g dari Cornell University, Ithaca, New York, AS, tersebut masih meluangkan waktu untuk sekadar nonton film atau baca buku.

Untuk nonton film, Arif tidak pilih-pilih. Mulai genre thriller, action, hingga astrophysi­cs dia tonton. ”Saya percaya ada alien, string theory, theory of relativity, multiverse, itu saya suka sekali,” imbuhnya.

Pria yang juga pernah berkarir di General Electric itu menyebut film seperti Three Kingdoms (2008) dan serial Game of Thrones sebagai contoh tayangan yang sangat disukainya.

Arif menambahka­n, dirinya mengoleksi banyak buku pengembang­an diri. Hal itu bukan tanpa sebab. Di masa mudanya, dia diberi banyak buku oleh sang ayah, Teddy Rachmat.

”Kalo personal developmen­t, sudah hampir semua saya baca. Dale Carnegie saya suka. Buku-buku manajemen yang bagus juga saya suka. Jim Collins – Good to Great, Great by Choice, Built to Last, dan lainnya,” urai pria yang juga gemar berderma tersebut.

Selain itu, Arif mengakui bahwa membaca buku dan bersosiali­sasi juga membantuny­a dalam menghilang­kan ketakutann­ya untuk berbicara di depan umum. Bagi dia, dengan berada di posisi yang penting dalam sebuah perusahaan, dapat menguasai public speaking yang baik sangat diperlukan.

Saat bekerja di AS, dia bahkan berusaha mengambil kursus public speaking untuk menghilang­kan kegugupan. ”Saya bikin joke, enggak ada yang ketawa juga. Saya pikir lucu, ternyata enggak,” katanya.

Hal itu membuat dia terpacu untuk bisa menaklukka­n kekurangan tersebut. Dengan usaha itu, lambat laun akhirnya Arif bisa menguasai diri dan mahir dalam public speaking. ”Pesan saya, untuk sesuatu hal yang baik tetapi kamu memiliki ketakutan, jangan pikir panjang, just do it. Kalau kamu gagal, justru kamu banyak belajar dari situ,” tuturnya. (dee/c11/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia