Jawa Pos

Warga Norwegia Terbahagia Sedunia

-

OSLO – Untuk kali pertama, Norwegia menduduki peringkat pertama World Happiness Report versi Perserikat­an Bangsa-Bangsa (PBB). Sang juara baru sukses menggusur Denmark yang tiga kali berturut-turut bertengger di puncak. Selanjutny­a, Indonesia berada di urutan ke-75 mengunggul­i Filipina dan Tiongkok.

’’ World Happiness Report melakukan penilaian berdasar seberapa bahagia rakyat negara tersebut dan apa penyebabny­a,’’ terang Sustainabl­e Developmen­t Solut ions Network ( SDSN) dalam situs resminya kemarin ( 20/ 3). Data negara- negara bahagia itu dirilis bertepatan dengan peringatan Internatio­nal Day of Happiness yang jatuh tiap 20 Maret.

Setiap tahun, tim PBB menanyakan pertanyaan yang sama kepada lebih dari 1.000 penduduk di sedikitnya 150 negara. ’’Bayangkan sebuah tangga dengan sepuluh anak tangga. Angka 0 ada di bagian paling bawah dan angka 10 pada puncaknya.

Puncak tangga mewakili kehidupan idealmu dan anak tangga terbawah kebalikann­ya. Saat ini, ada di anak tangga ke berapakah Anda?’’ demikian pertanyaan tahunan SDSN.

Selanjutny­a, jawaban para res- ponden tersebut diakumulas­i untuk dicari rata-ratanya. Tahun ini nilai rata-rata Norwegia mencapai 7,54. Sementara itu, Burundi di peringkat paling bawah mendapatka­n nilai 2,69. Nilai negara-negara yang menempati peringkat kedua sampai 156 berada di rentang 2,69 hingga 7,54 tersebut. Indonesia yang berada dua tingkat di atas Filipina mendapatka­n nilai 5,31.

Selain penilaian masing-masing warga negara berdasar pertanyaan tetap SDSN itu, salah satu badan PBB tersebut menggunaka­n enam faktor lainnya untuk menakar kadar bahagia suatu negara. Yakni, kekuatan ekonomi (berdasar GDP per kapita), dukungan sosial, angka harapan hidup, kebebasan memilih, kedermawan­an, dan tingkat korupsi.

World Happiness Report yang merilis laporan perdananya pada 2012 tiga kali menobatkan Denmark sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Namun, kali ini Norwegia yang tahun lalu berada pada peringkat keempat mencetak rekor. Negara Eropa itu melesat ke peringkat pertama dan memaksa Denmark bergeser ke posisi kedua. Seperti tahun-tahun sebelumnya, negara-negara Eropa mendominas­i peringkat sepuluh besar. (Reuters/ BBC/CNN/hep/c22/any)

 ?? REUTERS ?? HIDUP SENANG: Senyum keluarga yang berfoto dengan latar belakang perbukitan di Lofoten, Norwegia, ini seakan mewakili jutaan penduduk Norwegia lainnya. Mereka dinobatkan sebagai warga negara terbahagia di dunia versi PBB. Tahun ini Norwegia menggeser...
REUTERS HIDUP SENANG: Senyum keluarga yang berfoto dengan latar belakang perbukitan di Lofoten, Norwegia, ini seakan mewakili jutaan penduduk Norwegia lainnya. Mereka dinobatkan sebagai warga negara terbahagia di dunia versi PBB. Tahun ini Norwegia menggeser...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia