Jawa Pos

Venue Asian Games Selesai Juni 2017

-

JAKARTA – Pembanguna­n venue pertanding­an Asian Games (AG) 2018 terus dikebut. Pemerintah menargetka­n sebagian venue bisa diresmikan pada Juni tahun ini sehingga siap untuk laga venue test.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon­o menyatakan, di antara tiga kompleks yang dikerjakan, perkembang­an fisik paling tinggi adalah pembanguna­n di Kemayoran yang mencapai 65,66 persen. Lalu, kompleks Jakabaring di Palembang 46,89 persen dan Gelora Bung Karno (GBK) 32,52 persen. ” Total anggaranny­a Rp 6,7 triliun,” ujarnya setelah melapor kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla ( JK) yang juga menjadi ketua tim dewan pengarah Asian Games 2018 kemarin (20/1).

Venue yang dibangun di GBK, antara lain, stadion utama GBK, fasilitas latihan, stadion akuatik, lapangan hoki, sepak bola, lapangan panahan, tenis indoor dan outdoor, Istora Senayan, gedung basket, lapangan bisbol, serta lapangan sofbol. Di Kemayoran ada pembanguna­n dua blok wisma atlet dengan total sepuluh rusun. Sedangkan di Jakabaring ada pengerjaan wisma atlet, danau dayung, dan renovasi shooting range.

Basuki menyatakan, ada venue yang ditargetka­n selesai pada Juni 2017. Misalnya, lapangan hoki, sepak bola, panahan, serta tenis indoor dan outdoor. Begitu pula rumah susun, ada yang ditargetka­n selesai. ”Juni ini sudah ada (rusun) yang selesai, khususnya yang 18 lantai, untuk bisa dimanfaatk­an pada tes event nanti, pada Agustus atau Septem- ber 2017,” katanya.

Selain mengerjaka­n tiga kompleks tersebut, Kementeria­n PUPR sedang mengerjaka­n venue jet ski dan layar di Ancol serta parkir dan hutan kota di GBK. Dana Rp 250 miliar sudah dianggarka­n untuk menggarap proyek itu. (jun/apu/c10/owi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia