Jawa Pos

GARUDA DI PUNDAK MILLA

-

CIBINONG – Ekspektasi publik bola di tanah air terhadap Luis Milla sangat tinggi. Maklum, Milla pernah sukses membawa Spanyol menjadi jawara Euro U-21 pada 2011. Nama-nama tenar pun berhasil diorbitkan di skuad juara Milla saat itu. Di antaranya, Juan Mata, David de Gea, Ander Herrera, Thiago Alcantara, dan Javi Martinez.

Nah, tuah itu diharapkan bisa menular kepada skuad Garuda –julukan timnas Indonesia– yang kini ditangani Milla. Target terdekat adalah medali emas SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Myanmar adalah ujian pertama untuk menakar kesiapan Milla dan pasukannya. Uji coba melawan Myanmar itu berlangsun­g sore nanti di Stadion Pakansari, Cibinong RCTI 15.30

Meski hanya uji coba, Milla dan pasukannya tentu tak boleh coba-coba. Sebab, ekspektasi Garuda saat ini berada di pundak Milla. Bahkan, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi yakin bahwa timnas bisa menang dengan skor 3-0!

LIONEL Messi dan Gerard Pique memang kompak di lapangan, tapi tidak dengan pasangan keduanya. Antonella Roccuzzo yang tak lain adalah kekasih Messi ternyata tak akur dengan Shakira (istri Pique).

Messi dan Roccuzzo sendiri akan melangsung­kan pernikahan di Rosario, Argentina, pada musim panas mendatang. Nah, Pique dan Shakira ternyata tak masuk dalam daftar tamu undangan. ’’Roccuzzo yang meminta agar Shakira tak diundang. Otomatis, Pique juga tak akan datang,’’ kata sumber dekat Messi kepada Sport.

Total, ada 700 nama yang diundang. Salah satunya mantan kekasih Pique, Nuria Tomas. Nuria sendiri adalah teman dekat Roccuzzo. Karena itulah, Roccuzzo sangat membenci Shakira. Sebab, dia dianggap salah satu penyebab kandasnya hubungan Pique dan Nuria pada 2010 lalu.

Rencananya, pesta MessiRoccu­zzo berlangsun­g di dua lokasi. Pemberkata­n akan dilakukan di La Catedral Rosario. Kemudian, pesta digelar di Arroyo Seco. (dra/c17/bas)

Milla tak mau jemawa. Menurut dia, tim yang baru terbentuk pada 12 Maret lalu itu masih jauh dari sempurna. ”Buat kami, ini adalah pertanding­an pertama dan jalan menuju SEA Games masih panjang,” papar Milla. ”Melawan Myanmar yang bermateri pemain senior adalah tantangan berat bagi kami,” ujar pelatih 51 tahun itu. Memang, dalam laga FIFA

hari ini, timnas memutuskan untuk menurunkan pemain U-22 yang diproyeksi­kan buat berlaga di SEA Games 2017. Sementara itu, mayoritas pemain Myanmar sore nanti adalah mereka yang tampil di Piala AFF 2016.

Milla juga enggan membocorka­n formasi yang akan diterapkan. Namun, dari latihan dua hari terakhir, dia cenderung bergantung pada satu striker dengan formasi 4-23-1. Striker muda Persela Lamongan Nur Hardianto diha- rapkan bisa menjadi ujung tombak. Dia akan dibantu gelandang yang punya naluri gol tinggi seperti Evan Dimas Darmono serta Saddil Ramdani dan Febri Haryadi.

Lalu, di lini pertahanan, Hansamu Yama yang menjadi pilar pertahanan timnas di Piala AFF 2016 kembali menjadi tumpuan. ”Kemenangan adalah target kami. Tapi, bermain dalam sebuah tim yang bagus adalah tujuan saya bersama tim ini,” ujarnya.

Kubu Myanmar akan memanfaatk­an uji coba itu untuk mematangka­n beberapa pemain muda. Hal tersebut disampaika­n oleh pelatih Gerd Zeise. Dia menyatakan akan menurunkan kombinasi pemain muda dan senior. Sebab, pemain muda itulah yang bakal diturunkan di SEA Games 2017. ”Setengah pemain senior dan setengah muda. Mereka sudah menyatu dalam satu tim yang kuat,” kata Gerd. (ben/c11/bas) LUIS MILLA GERD ZEISE

 ?? FABRICE COFFRINI/AFP PHOTO FOTO: WAHYUDIN/JAWA POS-GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS ?? (tayangan langsung pukul WIB). matchday 11 111 161 161 5 14 8 23 32323 10 101 0 19919191 191 9 6 9 1
FABRICE COFFRINI/AFP PHOTO FOTO: WAHYUDIN/JAWA POS-GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS (tayangan langsung pukul WIB). matchday 11 111 161 161 5 14 8 23 32323 10 101 0 19919191 191 9 6 9 1

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia