Jawa Pos

Panggilan Dini untuk Woodburn

-

USIANYA baru 17 tahun. Sepanjang musim ini, Ben Woodburn juga baru tujuh kali bermain bersama skuad utama Liverpool. Tiga kali di antaranya di Premier League. Pada usia yang masih belia itu, Woodburn sudah dipanggil timnas Wales untuk laga kualifikas­i Piala Dunia 2018 zona Eropa akhir pekan nanti.

Wales akan bertandang ke Aviva Stadium, Dublin, melawan Republik Irlandia (25/3). Sebagaiman­a dilansir BBC, pelatih Liverpool Juergen Klopp menyebut keputusan pihak Wales memanggil Woodburn terlalu dini. ’’Tentu saja Ben gembira. Jadi, saya pun demikian karena ini kali pertama baginya,’’ kata Klopp.

Ya, ini kali pertama dia dipanggil timnas senior Wales. Sebelumnya, pemain bernama lengkap Benjamin Woodburn itu pernah bermain bagi timnas pada level usia di bawah 15 tahun, 16 tahun, 17 tahun, dan 19 tahun. ’’Apakah saya berpikir (pemanggila­n Woodburn ke timnas Wales, Red) harus dilakukan sekarang? Saya akan berkata, kemungkina­n tidak. Tapi, apakah itu akan jadi masalah? Tidak juga,’’ ujar Klopp.

Berposisi sebagai penyerang, kecil kemungkina­n Woodburn mendapat jatah minutes play pertamanya di timnas senior. Sebab, dia harus bersaing dengan nama-nama yang sudah mempunyai jam terbang di skuad Wales. Mereka adalah Gareth Bale, Hal Robson-Kanu, dan Sam Vokes.

Meski demikian, Klopp berharap Woodburn dapat memanfaatk­an kesempatan tersebut dengan baik. ’’Ben itu sosok remaja yang cemerlang. Dia juga mampu beradaptas­i. Dia memahami segalanya dan benar-benar mengetahui apa yang harus dipelajari. Saya paham itu,’’ tutur Klopp.

Terpisah, Chris Coleman sebagai pelatih timnas Wales menganggap faktor usia bukanlah kendala bagi pemain pencetak gol termuda di Liverpool itu. ’’Saya bisa memahami, jika Anda mengambil pemain usia muda, klub akan berkata, jangan dulu. Tapi, saya sudah punya pemikiran. Tidak peduli berapa tahun usianya, jika dia dirasa mampu. Saya rasa dia punya sesuatu yang dapat ditawarkan kepada kami dan dia akan membantu kami. Karena itulah saya memilihnya,’’ tutur Coleman. (ren/c19/ham)

 ?? REUTERS/PHIL NOBLE ?? WONDERKID: Pelatih Liverpool Juergen Klopp memberikan arahan kepada striker muda Ben Woodburn dalam laga melawan City (20/3).
REUTERS/PHIL NOBLE WONDERKID: Pelatih Liverpool Juergen Klopp memberikan arahan kepada striker muda Ben Woodburn dalam laga melawan City (20/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia