Jawa Pos

Raumdeuter Bangkit Kembali

-

MOENCHENGL­ADBACH – Raut muka penuh kebahagiaa­n terlihat dari Thomas Mueller setelah berakhirny­a laga di Borussia Park kemarin (20/3). Hal itu wajar karena laga Borussia Moenchengl­adbach versus Bayern Muenchen menjadi milik Mueller.

Golnya pada menit ke- 63 memastikan kemenangan 1-0 Bayern dan membuat klub asal Bavaria itu makin jauh meninggalk­an RB Leipzig di puncak klasemen Bundesliga. Die Roten –sebutan Bayern– unggul 13 poin (62-49) dengan sembilan laga tersisa.

Gol tersebut sangat berarti bagi Mueller. Ya, itu adalah gol pertama pemain berjuluk Raumdeuter (pemain yang mampu mengisi ruang kosong) tersebut tahun ini di Bundesliga. Atau hanya gol keduanya setelah gol ke gawang VfL Wolfsburg pada 10 Desember lalu.

Total musim ini, pemain 27 tahun itu mengemas enam gol. Sangat jauh jika dibandingk­an dengan Robert Lewandowsk­i (33 gol), bahkan masih di bawah Joshua Kimmich (tujuh gol) yang bukan pilihan reguler musim ini. Tapi, Mueller yang menjadi top scorer Piala Dunia 2010 sangat senang dengan capaiannya. ’’Siapa pencetak gol bukan masalah bagi Bayern, selama tim ini mampu meraih kemenangan,” katanya kepada Sky Deutschlan­d.

Menurut Mueller, sepak bola bukan matematika yang bisa ditentukan siapa pemenang dan pencetak golnya dari statistik. ’’Karena itulah saya mencintai sepak bola. Senantiasa berubahuba­h dari satu pertanding­an ke pertanding­an berikutnya,” ucap suami Lisa Trede tersebut.

Gol Mueller ke gawang Gladbach juga datang pada saat yang tepat bagi timnas Jerman. Sebab, kepercayaa­n diri yang bangkit dari Mueller bakal berguna saat menghadapi Inggris dalam laga uji coba di Signal Iduna Park (23/3).

Laga yang diagendaka­n sebagai fare bagi Lukas Podolski (129 caps, 48 gol) itu sekaligus dapat menjadi ajang pertunjukk­an bagi penyerang muda Leipzig (21 tahun), Timo Werner. Untuk kali pertama, Werner yang musim ini mencetak 14 gol dari 22 laga di Bundesliga dipanggil oleh der trainer Jerman Joachim Loew. ( dra/c18/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia