Jawa Pos

Latih Konsentras­i Pemain pada saat Unggul

-

TIM putri Jakarta Pertamina Energi yang berstatus sebagai juara putaran kedua langsung mengebut persiapan menjelang final four di Solo (7/4) dan Bandung (14/4). Tim asuhan Risco Herlambang itu akan melakukan serangkaia­n pembenahan. Salah satunya adalah penurunan konsentras­i ketika sedang dalam posisi unggul.

Risco menuturkan, untuk mempersiap­kan timnya di final four, pihaknya lebih mempersiap­kan fisik Novia Andriyanti dkk. Sebab, pada babak final four yang dilaksanak­an di Solo (7/4) dan Bandung (14/4), jadwal pertanding­an sangat padat. ’’Kami akan bertanding nonstop, harus jaga stamina anak-anak,” ujarnya. Risco juga sedang meracik strategi dan mengutak-atik susunan pemain. Dia akan membuat strategi khusus melawan setiap tim yang bertanding sekaligus strategi alternatif­nya.

Di sektor putra, Palembang Bank Sumselbabe­l tidak ingin ketinggala­n. Tim yang juga menjadi juara putaran kedua itu berencana untuk menjaga kebugaran para pemainnya. ’’Semua tim di final four berada di level yang sama. Kami juga sudah mengetahui perjalanan masing-masing tim pada putaran pertama dan kedua lalu,” kata Samsul Jais, pelatih Bank Sumsel.

Untuk itu, Samsul akan menggunaka­n susunan pemain yang sama dengan saat menjalani seri reguler lalu. Namun, dia akan menerapkan taktik dan strategi yang berbeda untuk menghadapi lawanlawan­nya. Menurut Samsul, anak asuhnya memiliki modal bagus dalam per- mainannya. Aji Maulana dkk memiliki servis dan blok yang sering merepotkan lawan. Kekuatan itulah yang akan dimaksimal­kan Bank Sumselbabe­l saat meladeni lawan-lawannya. ’’Karena servis kami bagus, receive lawan jadi jelek. Dengan begitu, passing mereka pun biasanya jadi kurang,” ujar Samsul.

Final four pertama berlangsun­g di Solo pada 7–9 April. Setiap tim akan saling bertemu. Itu berarti mereka harus bermain selama tiga hari berturuttu­rut. (tif/c7/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia