Jawa Pos

CJH Mulai Urus Paspor

-

GRESIK – Unit Layanan Paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak di Gresik memulai layanan foto calon jamaah haji (CJH) Gresik. Layanan tersebut berlangsun­g hari ini (21/3). Sesuai rencana, ULP Imigrasi di Gresik akan menambah satu meja untuk meningkatk­an layanan tersebut.

Saat ini, ada 1.010 berkas CJH Gresik yang masuk ke ULP Imigrasi. Berkas tersebut sudah diverifika­si. Nanti 200 calon jamaah dihadirkan untuk foto dan wawancara. Pelaksanaa­nnya dimulai pukul 13.00

Kepala ULP Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak di Gresik Irmansyah Fatriadi menyatakan, layanan dibagi dua. Pukul 07.30 hingga 12.00 untuk pemohon paspor reguler. Lalu, pukul 13.00–16.00 untuk calon jamaah haji. ’’Semua sudah sesuai rencana, termasuk rencana penambahan satu meja untuk pengambila­n foto,” katanya.

Hari ini berkas nomor 1 hingga 200 akan dilayani. Rabu (22/3) berkas yang dilayani nomor 201 hingga 400. Penomoran berkas menjadi tanggung jawab Kementeria­n Agama (Kemenag) Gresik. Karena itu, pemanggila­n CJH dilaksanak­an Kemenag. Didit, sapaan akrab Irmansyah, menegaskan bahwa pemotretan tidak bisa diwakilkan. ’’Kalau berhalanga­n, harap memberikan informasi ke petugas Kemenag,’’ jelasnya.

Saat difoto, CJH diminta membawa berkas asli. Berkas tersebut berupa KTP, kartu keluarga, surat nikah, akta kelahiran, serta ijazah yang tertera nama jamaah bersangkut­an dan nama orang tua. Berkas tersebut akan dikroscek seusai pengambila­n gambar. ’’Pengecekan itu untuk memastikan data yang sudah tercantum dalam berkas sudah benar,’’ kata Didit. (riq/c6/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia