Jawa Pos

Anak dan Bunda Mewarnai Bersama

-

SURABAYA – Atrium Royal Plaza Surabaya kemarin (20/3) riuh. Sebagian besar disebabkan celoteh anak-anak. Terdapat dua ribu peserta lomba mewarnai untuk anak dan bunda. Anak-anak itu adalah murid pendidikan anak usia dini (PAUD). Mereka berlomba mewarnai dalam waktu 1,5 jam.

Peserta anak riweuh dengan coretan masing-masing. Pilih satu krayon, ternyata tidak cocok. Lalu, ganti dengan krayon warna lain. Melihat itu, bundanya tidak mau kalah. Mereka membantu anak-anak untuk mewarnai. Jadi, gambar dalam bingkai kertas A4 tersebut tampak lebih rapi.

Salah satu pasangan peserta adalah Trisyah Puspita dan Chantiqa Aurellya Trisvany. Chantiqa terlihat begitu bersemanga­t. Dia mengambil krayon berwarna cokelat. Dia memberikan warna pada bagian pagar. ’’Ini warna cokelat. Bagus, bagus,” teriak bocah 4 tahun itu. Sesekali Trisyah membantuny­a. ’’Kalau pohon ini? Warnanya apa ya,” tanya Trisyah kepada Chantiqa. ’’Hijau, hijau. Yang ini,” jawab Chantiqa sambil menunjuk krayon berwarna hijau.

Keseruan juga tampak pada pasangan Aurelia dan Diah Ria. Mereka tekun mewarnai bersama. Gambarnya satu tema. Yakni, seorang perempuan sedang menyiram tanaman di kebun. Namun, masing-masing peserta diberi kebebasan memilih warna. Aurelia suka sekali dengan warna jingga. Dia memberikan warna jingga pada langit. Seolah-olah sedang senja. Lalu, bocah 4 tahun itu juga memberikan warna jingga pada bunga. ’’Dia seneng banget kalau mewarnai seperti ini,” ungkap ibu Aurelia, Diah Ria, dalam acara yang diselengga­rakan Universita­s Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) tersebut.

Sementara itu, Dyah Katarina menerangka­n, banyak manfaat yang dapat dipetik melalui event lomba mewarnai. Tidak melulu untuk mendapatka­n hadiah. Namun, para peserta bisa mengikuti lomba dengan menyenangk­an. Ketua Pos PAUD Terpadu (PPT) Surabaya tersebut melanjutka­n, mental anak juga terlatih. Dengan mengikuti lomba mewarnai, anak bisa berkarya di tempat umum. Mereka dapat lebih percaya diri menunjukka­n karya masing-masing di hadapan orang lain. (bri/c7/jan)

 ??  ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS KERJA SAMA: Chantiqa Aureliya Trisvany dan Trisyah Puspita (berhijab) mengikuti lomba mewarnai di Royal Plaza kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS KERJA SAMA: Chantiqa Aureliya Trisvany dan Trisyah Puspita (berhijab) mengikuti lomba mewarnai di Royal Plaza kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia