Jawa Pos

Terima Penghargaa­n Prioritas Kategori A

-

SIDOARJO – Keinginan pemkab menjadikan Kota Delta sebagai kabupaten dengan budaya literasi warga yang tinggi mulai mendapat apresiasi. Sidoarjo mendapat anugerah literasi prioritas kategori A (sangat baik) dari Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d).

Kepala Dikbud Sidoarjo Mustain Baladan mengatakan, banyak sekali yang menjadi penilaian Kemendikbu­d. Salah satunya adalah beragam kegiatan literasi yang diterapkan kepada seluruh jajaran sekolah. Mulai jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK.

’’Tahun lalu hingga sekarang, kami memang fokus sekali di dunia literasi. Semua gerakan literasi digebyar,’’ katanya. Gerakan budaya literasi (GBL) yang melibatkan TK, SD, SMP, dan SMA/SMK tentu menjadi andalan. Apalagi, tenaga pendidik juga dilibatkan. Mulai lomba spelling bee, jurnalisti­k, hingga karya tulis.

’’Termasuk kerja sama dengan Jawa Pos untuk program literasi,’’ ujar Mustain kemarin (21/3). Ada juga Gerakan Sidoarjo Gemar Membaca melalui koran. Tidak hanya membaca, seluruh siswa juga diwajibkan membuat resume.

Mustain mengingatk­an, tahun lalu Sidoarjo pernah membuat catatan sejarah bersama Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) untuk gerakan membaca serentak yang melibatkan 80 ribu siswa. ’’ Ternyata gerakan literasi serentak 80 ribu siswa itu menjadi penilaian oleh Kemendikbu­d,’’ ujarnya.

Mendapat penghargaa­n literasi dari Kemendikbu­d tidak membuat dikbud mabuk kepayang. Beberapa agenda kegiatan literasi sudah disiapkan. Salah satunya mendorong seluruh instansi di Sidoarjo memiliki pojok baca. Bahkan, setiap desa diupayakan memiliki pojok buku bagi warga.

Mustain menyampaik­an, tentu bukan hanya dikbud yang bergerak. Tetapi, juga Dinas Perpustaka­an dan Kearsipan Sidoarjo yang selama ini membantu meningkatk­an budaya literasi di Sidoarjo.

Sekretaris Dikbud Sidoarjo Tirto Adi menambahka­n, selain Sidoarjo, kabupaten di Jatim yang mendapat penghargaa­n adalah Banyuwangi, Blitar, dan Lumajang. (ayu/c7/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia