Jawa Pos

Pilkada Jatim, Tiga Nama Mulai Menguat

-

JAKARTA – Pilkada serentak kembali dilaksanak­an tahun depan. Salah satunya di Jawa Timur (Jatim). Tiga nama mulai disebutseb­ut bersaing dalam merebutkan kursi gubernur. Yaitu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, dan Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar. Beberapa partai mulai melirik nama-nama itu.

Sekjen DPP PPP Arsul Sani menyatakan, saat ini partainya masih mencermati perkembang­an yang ada. Terutama munculnya nama-nama yang kabarnya maju dalam pesta demokrasi tersebut. Di internal Partai Kakbah pun mulai disebut-sebut nama itu. ’’Nama- nama itu ada yang menyuaraka­n,’’ ujar dia kemarin (22/3).

Menurut Arsul, ada dua nama yang sering disebut. Yaitu, Khofifah dan Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf. Tentu, kata dia, pihaknya terus mencermati perkembang­an politik di Jatim. Pihaknya juga akan melihat suara di internal partai. Baik di pengurusan pusat maupun daerah.

Berbeda dengan PPP, suara PKB mulai mengerucut ke satu nama. Yaitu, Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar. Hal itu disampaika­n Ketua DPP PKB Lukman Edy. Menurut dia, partainya belum mengambil sikap. Tapi, PKB akan mempriorit­askan Ketua DPW Halim untuk dicalonkan.

Wakil ketua komisi II itu me- nyatakan, sesuai dengan hasil survei, popularita­s Halim cukup bagus. Namun, dia enggan membeberka­n hasil survei pilkada Jatim. Memang, kata dia, partai belum secara resmi mengusung Halim. Terkait dengan nama lain seperti Khofifah dan Gus Ipul, Lukman mengatakan bahwa salah satunya bisa disandingk­an dengan Halim. ’’Mungkin bisa jadi wakil Halim,’’ tutur dia kemarin.

PDIP belum mengambil sikap. Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional DPP PDIP Arif Wibowo mengungkap­kan, partainya belum menentukan cagub Jatim. ’’Seleksi saja belum,’’ ujarnya kemarin. (lum/c19/agm)

 ?? DOK JAWA POS ?? Saifullah Yusuf
DOK JAWA POS Saifullah Yusuf
 ?? DOK JAWA POS ?? Khofifah Indar Parawansa
DOK JAWA POS Khofifah Indar Parawansa
 ?? DOK JAWA POS ?? Abdul Halim Iskandar
DOK JAWA POS Abdul Halim Iskandar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia