Jawa Pos

Iwan Mulai Terapkan Simulasi Partai Tandang

Mantan Winger PBFC Jalani Trial di Persebaya

-

SURABAYA – Hari ini Persebaya Surabaya tak mengadakan latihan. Sebab, tim asuhan Iwan Setiawan itu akan berangkat untuk menjalani laga tandang.

Lho, kok sudah away? Bukankah jadwal Ligaa 2 musim ini belum jelas? Tak perlu bingung. Itu hanya bentuk simulasi Iwan.

Pelatih asal Medan tersebut menganggap hari ini anak buahnya bertandang.ndang. Jadi, otomatis tak latihan. Yang dijadikan patokan adalah Homecoming Game melawan PSIS Semarang pada Minggu lalu (19/3). Laga yang disaksikan 55 ribu penonton tersebut dianggap sebagai partai kandang pertama.

”Latihan dimulai lagi Jumat (24/3). Kami simulasika­n bahwa besok (hari ini, 23/3, Red) adalah H-2 pertanding­an yang biasanya digunakan untuk traveling,” kata Iwan setelah memimpin pasukannya berlatih di Stadion Brawijaya, Surabaya.

Menurut Iwan, ada pakem latihan baru selama dirinya menangani Persebaya yang berbeda dengan ketika menangani Pusamania Borneo FC ( PBFC). Pakem tersebut diterapkan­nya sejak tampil di Dirgantara Cup lalu dan ketika menjalani uji coba di Semarang. Intinya, pada hari pertanding­an yang semasa di PBFC digunakan untuk total rest alias beristirah­at total, di Persebaya dimanfaatk­an untuk low training (latihan ringan) sesuai permintaan pemain. Hasilnya? Menurut Iwan, cukup bagus dan akan terus dicoba sembari dimonitor perkembang­annya.

Ke depan, bukan tidak mungkin latihan, meski hanya low training, di hari H pertanding­an bakal ditiadakan. Itu bila ternyata berpengaru­h terhadap kondisi fisik pemain.

Saat Liga 2 sudah bergulir kelak, Iwan berharap pasukannya sebisanya berangkat tandang pada pagi hari. Jadi, sore harinya masih bisa dimanfaatk­an untuk latihan ringan.

Dengan simulasi yang dilakukan hari ini, imbasnya kepada durasi latihan Mat Halil dkk kemarin. Latihan tersebut berlangsun­g relatif singkat daripada biasanya, sekitar 90 menit.

Biasanya memakan waktu hampir dua jam. Menurut Iwan, materi volume latihannya memang rendah. Namun, intensitas tetap tinggi.

Di lain sisi, Persebaya kembali kedatangan pemain trial dalam latihan kemarin. Dia adalah eks penggawa Laga FC Ragil Muhammad Badai. Pemain berposisi winger itu juga tidak asing dengan Iwan karena pernah menjadi bagian dari skuad saat Pesut Etam –julukan PBFC– saat menjuarai Divisi Utama (kini Liga 2) 2014.

”Dia masih dicoba. Masih terlalu dini untuk menilai kebolehann­ya,” kata Iwan.

Ragil menyatakan tak akan menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan Iwan. ”Saya siap menjawab kesempatan yang telah diberikan di Persebaya dengan sebaik mungkin,” kata pemain 24 tahun itu. (io/c10/ttg)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? TERUS DIGEMBLENG: Iwan Setiawan melepaskan passing kepada Abdul Aziz dalam latihan Persebaya di Stadion Brawijaya, Surabaya, kemarin (22/3).
ANGGER BONDAN/JAWA POS TERUS DIGEMBLENG: Iwan Setiawan melepaskan passing kepada Abdul Aziz dalam latihan Persebaya di Stadion Brawijaya, Surabaya, kemarin (22/3).
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? BASAH KUYUP: Oktafianus Fernando (kanan) dan Sidik Saimima kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS BASAH KUYUP: Oktafianus Fernando (kanan) dan Sidik Saimima kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia